Banyak diantara kita masih mempercayai bahwa teknologi nuklir tersebut sangat berbahaya bagi manusia. Ya, jika kita melihatnya hanya sekilas saja, mungkin saja benar adanya dugaan tersebut. Tetapi kenyataannya, bahwa teknologi unklir tersebut tidak seseram apa yang dibayangkan oleh kita selama ini.

Banyak manfaat yang dihasilkan dari adanya teknologi nuklir tersebut dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Agar anda tidak memiliki persepsi yang keliru tentang teknologi nuklir, maka ada baiknya anda harus lebih banyak membaca artikel – artikel yang menjelaskan tentang manfaat teknologi nuklir tersebut. Untuk membantu anda memperoleh pengetahuan tentang manfaat teknologi nuklir, maka pada kesempatan ini kita akan membahas tentang beberapa manfaat yang bisa dihasilkan oleh teknologi nuklir bagi kesejateraan hidup manusia.

Ada cukup banyak manfaat teknologi nuklir tersebut dalam berbagai bidang kehidupan manusia saat ini. Adapun manfaat – manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Bidang Energi. Sudah lama Teknologi Nuklir digunakan sebagai pembangkit listrik. Negara maju seperti Jerman, Cina, Rusia, Jepang, Korea, Inggris, Amerika, dll sudah memanfaatkan tenaga nuklir sebagai kebutuhan pembangkit listrik. Selain itu, dengan teknologi nuklir manusia dapat melakukan proses ekspolrasi minyak dan gas, untuk menentukan sifat dari bebatuan yang ada di sekitar seperti litografi maupun porositas. Tidak hanya itu saja kemampuan dari radiasi energi nuklir juga dapat membantu perancangan konstruksi jalan, mengukur kelembapan dan kepadatan.
  2. Bidang Hidrologi. Pemanfaatan teknologi nuklir dalam bidang hidrologi salah satunya adalah untuk menguji kecepatan aliran sungai atau lumpur. Radioisotop dapat digunakan untuk mengukur debit air, biasanya natrium-24 yang digunakan dalam bentuk NaCl.
  3. Bidang Kesehatan. Aplikasi pada bidang medis dengan menggunakan teknologi nuklir umumnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu diagnosa dan terapi radiasi. Sinar X contohnya yang di gunakan untuk perawatan bagi pasien yang menderita kanker. Tentu saja hal ini adalah pengembangan dari teknologi nuklir selama ini oleh para ilmuwan. Selain itu juga dapat untuk pencarian jejak radioaktif pada tubuh manusia dengan menggunakan Teknesium yang diberikan oleh molekul organik, serta berbagai aplikasi lainnya.