Kecerdasan emosional seseorang yang rendah yang notabene akan menjadi sebuah kerugian jika anda memilikinya sebenarnya bisa kita tingkatkan dengan melakukan beberapa cara tepat seperti dijelaskan dalam artikel ini. Jika hal – hal tersebut dilakukan, maka akan memberikan manfaat kepada anda dalam hal peningkatan kecerdasan emosional anda, sehingga anda akan memiliki kemampuan yang tinggi dalam mengendalikan emosi anda yang terkadang meledak – ledak.

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain. Tingkat kecerdasan manusia yang satu dengan manusia yang lainnya pastinya akan berbeda. Karena fitrahnya manusia yaitu bahwa keseluruhan manusia di dunia ini tidak ada yang sama. Meskipun perbedaan kecerdasan emosional tersebut kecil, namun tetap saja bahwa manusia dalam hal apapun tidak akan pernah ada yang sama termasuk dalam hal tingkat kecerdasan emosional.

Sebenarnya bukan hal tersebut yang menjadi permasalahan, justru yang menjadi sesuatu yang harus dicarikan pemecahannya adalah bagaimana cara meningkatkan kecerdasan emosional seseorang agar dia memiliki tingkat EQ tinggi yang notabene jika tingkat kecerdasan emosional seseorang tersebut tinggi, maka ada kecenderungan mereka bisa mengendalikan emosinya dengan sangat baik. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang bagaimana sebenarnya cara yang paling tepat untuk meningkatkan kecerdasan emosional seseorang yang akan memberikan manfaat kepada seseorang tersebut dalam mengendalikan emosinya dengan sangat baik.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan emosional seseorang. Adapun cara – cara tepat yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi emosi negative. Untuk mengubah perasaan negatif anda tentang suatu situasi, pertama anda harus mengubah cara berpikir anda tentang hal tersebut. Misalnya, cobalah agar tidak mudah berprasangka buruk terhadap tindakan orang. Ingat, mungkin saja ada maksud baik di balik tindakan mereka.
  2. Berlatih tetap tenang dan mengatasi stress. Saat berada dalam tekanan, hal paling penting untuk diingat adalah menjaga diri tetap tenang. Misalnya dengan membasuh wajah dengan air dingin atau mulai berolahraga aerobik untuk mengurangi stres.
  3. Berlatih mengekspresikan emosi yang tak mudah. Salah satu contohnya adalah memberanikan diri untuk tidak sependapat dengan orang lain tanpa bersikap kasar
  4. Bersikap proaktif, bukan reaktif, saat berhadapan dengan orang yang memicu emosi anda. Anda dapat mencoba menenangkan diri dulu sebelum anda berbicara dengan orang yang sering memicu emosi negatif di diri anda, terutama ketika anda merasa marah.

Demikianlah beberapa cara tepat untuk meningkatkan kecerdasan emosional seseorang. Faktor pendukung lannya adalah dengan mengkonsumsi nutrisi tepat untuk pengendalian diri agar lebih tenang, contohnya adalah susu. Pilihlah produk susu Dancow yang sudah terbukti memberikan manfaat terhadap perkembangan kecerdasan seseorang baik kecerdasan intelektual maupun emosionalnya.