Lakukan 8 Cara Ini Saat Akan Membeli Sepeda Gunung

0

sumber : pinterest.com

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak penggemar. Nah, ada berbagai jenis sepeda yang perlu kamu tahu. Salah satu yang paling terkenal adalah sepeda gunung. Sejatinya, sepeda yang satu ini dirancang untuk menempuh medan yang berat. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menggunakan sepeda gunung untuk olahraga santai.

Memang, saat ini ada berbagai macam sepeda gunung dengan beragam merk. Bahkan, tidak sedikit pula toko khusus sepeda yang menjual sepeda berbagai merk dengan harga yang variatif. Agar sepeda gunung nyaman saat digunakan, tentu kamu harus memilih sepeda yang tepat.

Tentu saja, dalam memilih sepeda gunung tersebut tidak boleh sembarang. Lalu, hal apa saja yang harus kamu perhatikan dalam memilih sepeda gunung? Berikut ini ulasannya.

  1. Kenali Jenis Sepeda Terlebih Dahulu

sumber : pinterest.com

Tentu, jenis sepeda yang ada di pasaran tidak hanya sepeda gunung saja. Namun, ada pula beberapa jenis sepeda lainnya yang bisa kamu pilih. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

●       Sepeda Gunung

Sepeda ini sengaja dirancang untuk menempuh medan yang berat. Sepeda tersebut mempunyai kerangka yang terbuat dari alumunium, baja serta komposit serat karbon.

Tak hanya itu, sepeda gunung juga dilengkapi dengan shock breaker yang berguna untuk meredam guncangan. Ban yang digunakan pun merupakan ban yang bisa mencengkeram tanah dengan kuat serta tidak mudah selip.

●       Road Bike

Road bike merupakan jenis sepeda yang digunakan untuk balapan pada jalan yang mulus. Sepeda tersebut sengaja dirancang agar mudah dikendalikan saat mengendarainya dengan kecepatan tinggi.

●       City Bike

Sesuatu dengan namanya, jenis sepeda yang satu ini memang sengaja dirancang untuk menyusuri jalanan perkotaan. Desainnya lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis sepeda lainnya, bahkan sepeda tersebut juga ada yang dilengkapi dengan menggunakan keranjang ataupun boncengan.

●       BMX Bike

Berikutnya ada BMX bike yang sering digunakan untuk atraksi freestyle. Sepeda tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan yang lainnya. Tak heran jika sepeda yang satu ini banyak digunakan oleh anak-anak.

2. Persiapkan Budget

sumber : pinterest.com

Nah, jika kamu ingin tetap membeli sepeda gunung, maka langkah berikutnya ialah dengan mempersiapkan budget sebelum pergi ke showroom sepeda. Terdapat beberapa tempat yang jual sepeda berbagai merk, kamu bisa memilih salah satu toko tersebut.

Pastikan pula, kamu sudah mempersiapkan budget yang cukup sebelum membeli sepeda gunung. Seperti yang sudah diketahui, harga dari sepeda gunung tidaklah murah. Mengapa? Ini karena sepeda tersebut sengaja didesain untuk menempuh medan yang berat.

Otomatis, akan komponen dan fitur yang digunakan tidaklah sembarangan. Meski ada yang menjual sepeda gunung dengan harga murah, namun pastikan bahwa sepeda tersebut berkualitas.

Jangan lupa pula untuk membeli perlengkapan sepeda lainnya untuk keamanan seperti helm, sarung tangan, pakaian khusus untuk bersepeda dan lain sebagainya.

3. Pilih Fulsus atau HT

sumber : pinterest.com

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan saat akan membeli sepeda gunung ialah dengan memperhatikan Fulsus (Full Suspension) atau HT (Hard Tail). Keduanya tentu saja berbeda.

Untuk fulsus sendiri akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Sementara itu untuk HT tidak dilengkapi dengan suspension belakang, sehingga lebih cocok digunakan dalam medan yang berat.

4. Sesuaikan dengan Gaya Bersepeda

sumber : pinterest.com

Ternyata, sepeda gunung sengaja dirancang untuk berbagai macam gaya sepeda yang dimiliki oleh masing-masing orang. Nah, kamu harus memastikan apakah sepeda gunung tersebut digunakan untuk menyusuri jalanan kota, bersepeda bebas, atau malah balapan dengan menggunakan sepeda gunung?

Terdapat beberapa model sepeda gunung seperti, gravity, trail, enduro dan XC race yang masing-masing memiliki kelebihannya sendiri-sendiri.

4. Pertimbangkan Bagian Komponen, Part serta Groupset

sumber : pinterest.com

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan ialah dengan mempertimbangkan bagian komponen, part serta groupset yang dimiliki oleh sepeda gunung. Pilih sepeda gunung dengan komponen dan part yang benar-benar kamu butuhkan.

Saat kamu memilih sepeda gunung yang sesuai dengan komponennya, kamu juga harus memperhatikan budget yang akan dikeluarkan nantinya.

5. Mintalah Saran Dari Orang yang Berpengalaman

sumber : pinterest.com

Memang, banyak yang jual sepeda berbagai merk. Akan tetapi, kamu juga harus meminta saran dari orang yang sudah berpengalaman. Meminta saran kepada orang yang ikut komunitas sepeda gunung memang lebih baik. Karena, ia lebih tahu sepeda apa yang sedang kamu butuhkan.

6. Pilih Merk yang Berkualitas

sumber : pinterest.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa merk sepeda gunung yang ternama memiliki kualitas yang lebih apik jika dibandingkan dengan beberapa merk lainnya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk membeli sepeda gunung yang bermerk karena hal tersebut sangat berkaitan dengan kualitas sepeda nantinya.

7. Coba Sepeda Sebelum Membeli

sumber : pinterest.com

Beberapa toko mempersilahkan calon pembeli untuk mencoba sepeda yang akan dibeli. Nah, pilihlah sepeda yang kiranya nyaman saat kamu gunakan.

Setelah kamu membaca 8 cara memilih sepeda gunung yang tepat, semoga hal tersebut bisa membantu kamu untuk mendapatkan sepeda gunung yang diinginkan. Meski saat ini banyak yang jual sepeda berbagai merk, namun kamu harus lebih selektif dalam memilih sepeda yang berkualitas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.