6 Tips Utama Cara Kerja Sambil Kuliah

0

Bagi banyak orang, ide untuk kembali ke perguruan tinggi atau universitas sambil bekerja full-time bisa menjadi hal yang menakutkan. Menangani kerja sambil kuliah pada saat yang sama membutuhkan tingkat perencanaan dan prioritas yang baik. Sementara beberapa siswa akan memilih untuk tidak bekerja sambil melanjutkan pendidikan mereka, ada sekelompok besar siswa yang menyeimbangkan pekerjaan sambil belajar untuk mendapatkan gelar. Ada berbagai alasan untuk ini tetapi, secara umum, uang adalah pokok permasalahannya.

Kuliah sambil bekerja memberi Anda kepercayaan diri yang Anda butuhkan karena Anda memiliki kendali keuangan sebagai mahasiswa. Pada saat yang sama, kualifikasi profesional yang dapat Anda peroleh dari waktu ke waktu akan memberi Anda awal yang baik dalam mengembangkan karir Anda. Untuk membantu Anda mengatur dua kehidupan Anda dengan mudah, berikut adalah 6 tips terbaik kami tentang cara kuliah sambil bekerja.

1. Buatlah Rencana

Pada setiap awal semester, dapatkan semua silabus Anda dan catat semua jadwal ujian beserta tenggat waktu untuk makalah yang diperlukan. Gunakan penanda yang berbeda untuk setiap kelas Anda untuk melihat dengan mudah kapan tanggal jatuh tempo ini datang untuk setiap mata kuliah. Demikian juga, pastikan untuk menandai setiap rapat perusahaan atau tenggat waktu kerja yang mungkin Anda ketahui di daftar perencana Anda ini.

2. Perbarui Perusahaan Anda

Yakinkan atasan Anda bahwa Anda dapat mengatur jadwal kerja Anda. Ini juga merupakan cara untuk mendapatkan perhatian mereka, dan menganggap Anda benar-benar ingin bekerja untuk mereka. Jika memungkinkan, korbankan liburan dan istirahat untuk menunjukkan bahwa Anda serius dengan pekerjaan Anda. Jika Anda membuktikan dedikasi Anda, akan mudah untuk bernegosiasi dengan mereka tentang jadwal kuliah yang lebih ramah.

3. Gunakan Waktu Luang Anda Secara Produktif

Jika Anda kerja sambil kuliah pada saat yang sama, Anda mungkin terlihat tidak memiliki waktu luang sama sekali. Namun, penting bagi Anda untuk menggunakan waktu luang yang Anda miliki secara konstruktif karena ini akan membantu Anda menyeimbangkan pekerjaan harian dan mata kuliah Anda dengan lebih efektif. Misalnya, Anda dapat membaca buku dalam perjalanan ke tempat kerja jika Anda menggunakan transportasi umum. Juga, gunakan beberapa menit waktu makan siang atau istirahat Anda untuk belajar.

G:\ARTIKEL INDO\SEPTEMBER 2021\SUSAN PROJECT\Ideoworks September 2021\Ideoworks September 2021 - Minggu 3\IDS Digital College\kerja sambil kuliah 2.jpg

4. Jaga Dirimu

Memiliki jadwal kerja yang padat dan waktu kuliah pasti akan membuat Anda stres sesekali. Oleh karena itu, Anda harus dapat menangani stres Anda dengan cara yang positif. Berolahraga di gym atau berjalan-jalan beberapa kali seminggu, karena latihan fisik merupakan pereda stres yang efektif. Anda dapat mendengarkan musik, menulis jurnal, pijat, mengunjungi salon, dll. Cobalah untuk mencurahkan setidaknya 30 menit dari hari Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai sebagai cara untuk mengurangi stres.

5. Jangan Berlebihan

Bersikaplah realistis tentang waktu yang Anda perlukan untuk kerja sambil kuliah. Jika Anda berpikir Anda hanya dapat mengambil satu mata kuliah pada satu waktu bersamaan dengan beban kerja Anda, maka fokuslah pada mata kuliah itu. Jika Anda bekerja full-time, tentukan dengan tepat berapa banyak kelas yang dapat Anda ambil untuk setiap semester. 

Ketika menghadapkan dirinya untuk bekerja atau belajar, orang cenderung berusaha lebih keras daripada yang bisa banyak orang hadapi secara umum. Memiliki pekerjaan full-time di industri apa pun dapat memiliki tantangan dan harapannya sendiri. Jika Anda menambahkan pendidikan ke jadwal yang sudah sibuk, itu hanya akan meningkatkan jumlah tekanan. Ingatlah bahwa Anda hanya dapat melakukan apa yang dapat Anda lakukan.

6. Manfaatkan Teknologi

Catatan kelas sangat penting. Meskipun demikian, banyak mahasiswa tidak tahu bagaimana mencatat dengan benar.  Hindari mencatat setiap kata, karena ini hanya akan membuat Anda tertinggal jauh dan kehilangan detail penting. Temukan cara Anda sendiri untuk menyingkat kata dan frasa, sehingga Anda dapat mengikuti dosen Anda. Manfaatkan teknologi saat ini dan gunakan aplikasi belajar yang diperlukan. Ada banyak program yang tersedia yang membantu siswa dalam setiap aspek belajar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.