ciri perkembangan anakciri perkembangan anak

Periode emas atau golden age merupakan masa di mana anak-anak sedang mengalami tumbuh kembang yang signifikan. Di periode tersebut, anak-anak akan tumbuh dua kali lebih hebat dibandingkan setelahnya. Ada ciri perkembangan anak yang mencolok pada periode emas tersebut.

Sebagai informasi, periode emas sendiri terjadi pada usia 0 hingga 5 tahun. Nah, berikut kami jelaskan ciri-ciri perkembangannya.

1.      Respon Pandangan Mata  (Eye Contact)

Usia 6 bulan biasanya anak-anak sudah bisa melakukan eye contact dengan orang yang ada di sekitarnya. Mereka sudah bisa merespon meski belum bisa berinteraksi atau berkomunikasi. Di lain sisi, usia 6 bulan adalah usia di mana anak-anak sudah bisa mengkonsumsi makanan padat sebagai pelengkap ASI namun teksturnya masih lembek.

2.      Duduk dan Belajar Berjalan

Di usia 9 hingga 12 bulan, si kecil sudah bisa diajarkan berjalan. Akan tetapi, mereka harus berada di dalam pengawasan orangtuanya. Pasalnya, cara mereka berjalan atau belajar berjalan di usia tersebut belum sempurna seperti di usia-usia di atas 12 bulan. Jadi si kecil masih harus dibimbing.

ciri perkembangan anak

3.      Berkomunikasi

Pada dasarnya, di usia 6 hingga 12 bulan, Anda sudah bisa berkomunikasi dengan si kecil. Namun, komunikasi yang dilakukan tidak sekompleks berkomunikasi dengan orang dewasa. Komunikasinya masih sebatas bertanya hal-hal ringan agar merangsang si kecil mau membalas pertanyaan Anda meskipun mereka belum memahami pembicaraan orang dewasa.

4.      Mengalami Tumbuh Kembang

Anak-anak yang di periode emas akan mengalami tumbuh kembang yang sangat signifikan. Mereka akan tumbuh tinggi secara optimal di usia tersebut sehingga mereka pun memerlukan asupan nutrisi dua kali lebih besar dibandingkan orang dewasa.

5.      Perkembangan Kecerdasan Anak

Di usia 5 tahun, si kecil sudah siap untuk memasuki tahap pra sekolah. Artinya, si kecil sudah bisa berpikir logis dan sudah bisa memulai untuk belajar. Di usia ini tumbuh kembang kecerdasannya terjadi begitu pesat.

Nah, itulah beberapa ciri perkembangan anak di masa periode emas yang wajib Anda ketahui. Bagaimana, tidak sulit untuk membedakannya kan? Jangan lupa juga untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil dengan susu Dancow.

By Bisnis