mesin cuci

Mesin cuci merupakan salah satu alat yang wajib ada di setiap rumah. Sebelum Anda membeli satu, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti efisiensi energi, ukuran, fitur, harga, dan tipe mesin cuci itu sendiri. 

Tidak ada mesin cuci ‘terbaik’ di luar sana, yang ada adalah mesin cuci terbaik yang memenag memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda mesin cuci yang sekarang Anda miliki terlalu berisik, Anda bisa memilih mesin cuci yang sangat minim suara. 

Atau jika Anda tidak menyukai pengaruh mesin cuci Anda terhadap tagihan listrik atau air Anda, maka pilihlah model yang lebih hemat energi.

Artikel ini akan membantu Anda membuat keputusan pembelian mesin cuci terbaik untuk rumah dan keluarga Anda.

  • Harga

Mungkin pertimbangan terpenting dari semuanya adalah berapa banyak yang ingin Anda keluarkan untuk mesin cuci baru. Seperti kebanyakan peralatan rumah, Anda juga harus mempertimbangkan antara harga pembelian dan biaya perawatan. 

Mesin cuci yang lebih mahal memiliki biaya awal yang lebih tinggi, tetapi biasanya kualitasnya lebih baik (sehingga tidak menimbulkan banyak biaya perawatan) dan lebih efisien (sehingga akan menghemat uang untuk air, energi, dan deterjen).

Ketahanan mesin cuci juga harus menjadi pertimbangan, jika Anda menyewa rumah atau tinggal di tempat sementa, Anda mungkin ingin membeli mesin cuci ekonomis seperti mesin cuci top load yang juga lebih hemat energi dibanding front-loader.

  • Luas Ruangan Anda

Jika Anda tinggal di rumah atau apartemen kecil dengan ruang cuci yang terbatas, maka ukuran mungkin akan menjadi salah satu pertimbangan utama Anda. Mesin cuci front loader umumnya lebih kompak dibanding top loader, dan pintu depan yang lebih kecil memberikan akses di ruang terbatas. 

Faktor penentu lainnya adalah berapa banyak cucian sehari-hari Anda.  Jika Anda berada di rumah yang terdiri dari satu atau dua orang, maka mesin cuci yang lebih kecil dengan kapasitas 4-7kg, mungkin paling cocok, sedangkan rumah tangga dan keluarga yang lebih besar cenderung membutuhkan model yang lebih besar dengan kapasitas di atas 8 kg. 

  • Tipe

Pilihan mesin cuci antara top loader dan front loader benar-benar bergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Singkatnya, ini perbandingan antara kedua mesin cuci tersebut.

  • Front loader: Lebih kompak, lebih hemat air dan energi, dan sering dianggap menghasilkan hasil pembersihan yang lebih baik.
  • Top loader: Umumnya lebih murah untuk dibeli, memiliki waktu siklus yang lebih cepat dan jauh lebih fleksibel (yaitu Anda dapat menambahkan pakaian di tengah sesi pencucian).
  • Fitur 

Smart control  seperti sensor beban otomatis kini menjadi fitur umum di banyak mesin cuci baru, membuktikan bahwa mencuci pakaian lebih dari sekadar air, deterjen, dan drum pemintal. Berikut adalah beberapa fitur standar yang bisa Anda dapatkan.

  • Timer. Salah satu fitur paling umum pada mesin cuci adalah pengatur waktu yang memungkinkan Anda mengontrol durasi siklus pencucian, serta mengatur waktu mulai yang tertunda.
  • Pengatur suhu. Mampu menyesuaikan suhu air cucian Anda adalah fitur lain yang harus Anda cari di mesin cuci pilihan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan siklus pencucian untuk kain yang berbeda yang dapat memerlukan pencucian halus yang disediakan oleh air dingin atau pembersihan kuat yang disediakan oleh air panas. Menggunakan air dingin biasanya sama baiknya dengan air panas untuk sebagian besar pencucian, dan juga lebih hemat karena Anda dengan tidak memanaskan air terlebih dahulu.
  • Mode yang berbeda. Fitur umum dan sangat berguna lainnya adalah mesin cuci yang memiliki beberapa mode untuk menyesuaikan kain dan jenis pencucian tertentu.
  • Smart control. Teknologi ini mencakup layar sentuh yang Anda bisa gunakan untuk mengatur mesin cuci Anda. Banyak mesin cuci pintar juga sekarang memungkinkan pengguna untuk mengontrol unit dari jarak jauh melalui smartphone yang kompatibel. Fitur ini juga dapat berguna untuk memulai mencuci sebelum Anda tiba di rumah, atau untuk menyesuaikan siklus mencuci setelah Anda meninggalkan rumah.
  • Proteksi anak Beberapa mesin memiliki fungsi child lock, yang bisa berupa di pintu mesin cuci sehingga tidak dapat dibuka di tengah siklus, atau program yang tidak dapat diubah selama siklus. Jika Anda khawatir tentang anak-anak Anda bermain dengan mesin cuci, fitur ini tentu sangat berguna. 
  • Kualitas Material

Secara umum, fitur utama yang sangat bergantung pada harga dan kualitas pembuatan mesin adalah bagian dari drum mesin itu sendiri. Ini adalah bagian mesin cuci yang paling sering digunakan, jadi semakin baik bahannya, semakin lama pula daya tahannya. Mesin cuci murah seringkali memiliki drum plastik,  sedangkan model kelas atas dibuat dari baja tahan karat yang lebih kuat.

Lewat artikel ini, Anda telah melakukan sedikit riset tentang mesin cuci dan memutuskan mana yang paling cocok untuk Anda. Setelah Anda meninjau semua pertimbangan ini, Anda bisa membeli banyak mesin cuci dari brand ternama lewat BliBli. Kualitas asli terjamin 100% dan dapatkan garansi untuk setiap pembelian Anda. Download aplikasi BliBli dan mulai pencarian mesin cuci terbaik yang sesuai kebutuhan Anda! 

By Bisnis