Pentingnya Memenuhi Asupan Nutrisi Anak Sejak Dini

0

Ada banyak sekali jenis nutrisi anak yang penting untuk diperhatikan di masa tumbuh kembangnya. Sama seperti orang dewasa, nutrisi dapat membantu si kecil untuk tetap sehat dan bugar dalam beraktivitas.

Di lain sisi, nutrisi tidak hanya sekedar untuk kebugaran dan kesehatan fisik saja. Beberapa di antaranya ada juga kandungan nutrisi yang bagus untuk menutrisi otak si kecil.

Alasan Anak Memerlukan Nutrisi

Masa tumbuh kembang anak dikenal juga dengan istilah periode emas atau golden age. Masa tersebut berlangsung mulai dari 0 hingga 5 tahun. Di range usia tersebut, si kecil akan mengalami tumbuh kembang yang sangat signifikan dan hanya terjadi satu kali seumur hidup.

Berbeda dengan orang dewasa, kebutuhan nutrisi di periode emas anak dua kali lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa. Semakin besar kebutuhan nutrisinya, maka semakin terpenuhi asupan nutrisi si kecil di masa tumbuh kembangnya.

Nutrisi Anak

Jenis Nutrisi Penting Untuk Anak

Ada banyak sekali jenis nutrisi yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Nah, berikut ini kami sudah merangkum berbagai asupan nutrisi yang bisa Anda berikan kepada si kecil.

1.  Berbagai Macam Jenis Vitamin

Vitamin adalah salah satu asupan yang sangat penting sekali. Masing-masing vitamin memiliki manfaat yang berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Contohnya vitamin C yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil.

Selain itu ada juga vitamin D yang bagus untuk penyerapan kalsium di dalam tubuh. Juga ada vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Bahkan, satu jenis vitamin saja bisa punya beberapa manfaat sekaligus.

Asupan vitamin bisa ditemukan di berbagai makanan yang terbuat dari sayuran hingga buah-buahan.

2.  Kandungan Protein

Asupan protein sangat penting sekali untuk anak-anak. Protein mampu membantu membentuk jaringan tubuh si kecil. Selain itu, protein juga bagus untuk membentuk jaringan otak anak di masa tumbuh kembang.

Protein juga dapat membantu si kecil agar memiliki tinggi badan yang optimal. Terutama jika asupan protein ini dikombinasikan dengan kalsium dan vitamin D yang dapat membantu si kecil untuk memiliki tinggi badan yang optimal.

Ada dua jenis protein yang bisa Anda berikan kepada si kecil. Pertama protein hewani dan kedua protein nabati. Protein hewani bisa didapatkan pada daging ayam, ikan, dan lainnya. Sedangkan protein nabati diantaranya seperti kacang-kacangan.

3.  Kalsium

Kandungan kalsium sangat dibutuhkan sekali untuk membentuk kepadatan tulang dan gigi. Kalsium juga bagus sekali untuk menguatkan tulang dan gigi. Kandungan ini bisa dikombinasikan dengan vitamin D. Pasalnya, vitamin D dapat menyerap kalsium menjadi lebih optimal.

Kandungan kalsium tertinggi biasanya didapatkan pada susu. Selain itu, kalsium juga bisa didapatkan dari sayuran seperti bayam dan brokoli.

4.  Zat Besi

Kandungan zat besi adalah salah satu nutrisi penting untuk anak-anak. Kandungan yang satu ini dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Selain itu, zat besi juga bisa meningkatkan produksi hemoglobin, mencegah anemia, dan juga berperan untuk menunjang pertumbuhan serta fungsi saraf otak si kecil.

Ada banyak makanan yang mengandung zat besi. Beberapa di antaranya seperti sayuran hijau, makanan laut, biji buah labu, kacang-kacangan, hati ayam, hati sapi, dan lainnya. Anda bisa mengolah makanan-makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak.

Itulah beberapa alasan kenapa nutrisi anak penting untuk diperhatikan sejak dini. Selain jenis-jenis kandungan yang kami jelaskan di atas, juga masih banyak jenis lainnya. Bagi yang ingin tahu seputar informasi parenting dan kesehatan ana, kini Anda bisa langsung mengunjungi official website Nutricia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.