Oli MobilOli Mobil

 

Oli mobil memang vital dalam menjaga performa kendaraan Anda, utamanya untuk melicinkan mesin. Mesin yang terbuat dari logam harus dilindungi untuk menghindari mesin berkarat dan cepat aus. Selain itu, fungsi oli juga membantu mesin agar tidak panas saat dipakai. Penggunaan oli sering ditemui pada beberapa bagian mesin seperti pada ass roda, pada rem, pada power stering dan beberapa bagian lain. oli transmisi pun kemudian dibagi menjadi transmisi manual dan transmisi matik.

Oli Mobil
Oli Mobil

Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi oli transmisi yang sangat berguna untuk mesin Anda:

1. Sebagai pemulus dalam membantu kerja pada bagian mesin

Secara umum, memang fungsi oli transmisi serupa dengan fungsi oli seperti yang kita ketahui yaitu pelumas. Pelumas itu digunakan untuk mempermulus kerja berbagai komponen pada mesin mobil

2. Menghantarkan perpindahan gigi otomatis

Pada kendaraan baik mobil atau motor, perpindahan gigi sangat penting karena berpengaruh langsung terhadap kecepatan kencaraan. Oli mobil transmisi memegang peranan penting dalam menghantarkan didalam proses perpindahan gigi secara otomatis.

Jika kita tengok, oli matik memiliki kerja yang lebih berat bila kita bandingkan dengan oli transmsi biasa. Pada oli matik yang terdapat pada mesin terlalu encer dan berwarna gelap, maka daya licinnya pun akan berkurang. Daya licin yang telah berkurang akan menjadikan oli menjadi sangat mudah naik suhunya alias panas. Meningkatnya suhu oli akan menjadikan kampas pada kopling hidrolik cepat aus. Tidak hanya itu, oli transmisi pada kampas rem  akan membuat rem aus dan rusak.

Kerusakan pada kampas hidolik dan rem akan membuat performa kendaraan Anda berkurang karena bagian tersebut tidak mampu melanjutkan tenaga yang diproduksi dari mesin ke penggerak roda. Akhirnya kendaraan Anda menjadi mogok.

Salah satu oli transmisi terbaik adalah oli Mobil TOP 1 Gear Oil S. Oli dari keluaran TOP 1 memang terkenal memiliki kualitas yang sangat baik. Setelah melalui perjalanan panjang dari tahun 1979 dan bertahan hingga sekarang membuktikan bagaimana komitmen TOP 1 menyediakan pelumas yang berkualitas bagi pengguna oli sedunia. Jangan lupa untuk membeli produk oli Top 1 pada bengkel bengkel resminya.