Kue Tradisional IndonesiaKue Tradisional Indonesia

Kue Tradisional Indonesia – Apakah Anda ingin tahu kue tradisional indonesia yang mendunia? Indonesia memang terkenal dengan berbagai kebudayaan dan kekhasan setiap daerahnya. Setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti tari adat, rumah adat, tak ketinggalan dengan makannya. Tidak banyak makanan daerah yang masih tersisa hingga sekarang.

Kue-kue daerah menjadi jajanan pasar yang lebih mudah untuk dijumpai dibandingkan makanan daerah yang lain. Meskipun sekarang ini sudah banyak makanan modern dari luar negeri yang masuk ke dalam Indonesia, tapi eksistensi kue-kue daerah ini tidak kalah dan masih bisa bertahan hingga sekarang. Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga memiliki kue-kue daerah yang tidak kalah lezat dengan makanan modern.

Kue Tradisional Indonesia
Kue Tradisional Indonesia

Berikut ini beberapa kue tradisional indonesia yang bisa kamu temui di berbagai macam daerah dan kota, tidak hanya rasanya yang enak tapi kue-kue ini juga tampilannya lucu serta harganya biasanya murah meriah.

  • Bika Ambon

Kue ini berasal dari daerah Medan dengan kelezatan khas yang akan membuat kamu penasaran. Teksturnya yang lembut dah halus akan memberikan kekenyalan saat di makan di mulut. Ketika kamu memasukkan kue bika Ambon di dalam mulut maka kamu akan merasakan perpaduan rasa antara manis, asam dan gurih. Perpaduan rasa inilah yang menjadi ciri khas tersendiri dan rasanya menjadi harmoni yang akan membuat kita ingin selalu memakannya. Biasanya, bika Ambon disajikan dengan segelas kopi atau teh panas untuk menemani kamu dalam melewati sore hari.

  • Putu mayang

Ciri khas dari makanan tradisional ini adalah bentuknya yang cantik. Kue tradisional ini dibuat dengan warna-warna cerah yang didapatkan dari bahan perwarna alami seperti daun suji, wortel dan lain sebagainya. Kue yang terbuat dari ubi merah ini termasuk dalam jajanan pasar dengan harga begitu terjangkau sehingga siapa saja dapat membeli dan mencicipi rasanya yang nikmat. Rasanya akan bertambah lezat jika ditambahkan santan atau parutan kelapa dengan gula jawa. Hidangan putu mayang dengan segelas teh hangat untuk melengkapinya.

  • Klepon

Klepon merupakan kue khas Indonesia yang dapat ditemukan hingga sekarang di berbgai pasar tradisional. Pada umumnya, klepon lebih sering dijual di pagi hari dengan dibungkus menggunakan daun pisang yang masih segar. Ciri khas kue ini adalah bentuknya yang bulat, berwarna hijau, mempunyai ukuran sedikit lebih besar dibanding kelereng dan terbuat dari tepung ketan. Saat kamu mengingit klepon maka gula jawa cair di dalamnya akan meleleh di mulut dan inilah sensasi ketika mengonsumsi klepon. Rasa yang lezat pada klepon akan membuat kamu terus ketagihan dan ingin memakannya terus.