ganti oli sintetikganti oli sintetik

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan oli mineral kini saatnya ganti oli sintetik. Hal ini karena oli sintetik memiliki beberapa kelebihan  yang tidak dimiliki oleh oli mineral. Adapun kelebihan oli sintetik seperti: lebih stabil terhadap temperatur tinggi, dapat mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin, sirkulasi menjadi lebih lancar pada waktu start pagi hari maupun saat cuaca dingin sekalipun.

Selain itu, oli sintetik juga mampu melumasi dan melapisi metal lebih baik, mencegah terjadinya gesekan antar logam yang mengakibatkan kerusakan pada mesin, lebih efisien dan tahan lama karena tahan terhadap perubahan atau oksidasi, mengurangi terjadinya gesekan dan mengandung deterjen yang lebih baik untuk membersihkan kerak yang ada pada mesin.

Tetapi sebelum Anda ganti oli sintetik, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda lakukan, yaitu :

  1. Perhatikan dulu kualitas oli mineral yang Anda pakai selama ini. Apakah oli yang Anda gunakan sebelumnya berkualitas atau biasa saja.
  2. Selain itu, perhatikan juga apakah selama menggunakan kendaraan rutin mengganti oli sesuai dengan masanya.
  3. Jika Anda memakai oli mineral yang memilih kualitas yang baik dan penggantian oli secara periodik maka Anda cukup tinggal bilas oli yang lama dengan angin yang bertekanan tinggi melalui tutup pengisian oli pada dapur pacu. Kemudian biarkan sisa oli keluar melalui pembuangan.
  4. Kemudian ganti oli filter karena sisa oli lama biasanya masih menempel dan tertinggal didalam oli filter.
  5. Jika anda menggunakan oli mineral yang memiliki kualitas rendah dan sering lupa untuk mengganti oli secara rutin, maka Anda perlu cairan pembilas ruang mesin atau disebut dengan Engine Flush. Hal ini dilakukan karena biasanya terjadi penumpukan kerak yang berlebihan pada ruang mesin yang sangat berbahaya bagi komponen-komponen didalamnya. Sehingga jika Anda langsung ganti oli sintetik dikhawatirkan lapisan kerak tersebut akan rontok dikarenakan oli sintetis mengandung deterjen yang dapat merontokkan kerak pada mesin. Serta dapat menyebabkan penyumbatan pada ruang mesin sehingga mesin tidak dapat bekerja secara maksimal.
  6. Terakhir campurkan Engine Flush kedalam oli yang lama, kemudian hidupkan mesin dan diamkan sekitar 15-20 menit dalam keadaan mesin dimatikan.  Buang oli dan semprotkan dengan angin bertekanan tinggi kemudian pasang oli filternya.

Nah demikian tadi adalah beberapa tips sebelum anda ganti oli sintetik. Semoga bermanfaat.