Teknologi informasi

Istilah teknologi informasi mungkin sering Anda dengar, baik itu melalui materi di lembaga pendidikan ataupun pada sebuah artikel dalam situ-situs tertentu di internet. Istilah tersebut sangat bertalian erat dengan teknologi komunikasi, tidak heran jika terkadang orang-orang menyebutnya dengan istilah yang kedua tersebut.

Secara tidak disadari, kita setiap hari bergelut dengan teknologi komunikasi dan informasi, seperti menggunakan handphone saat menjelajah internet atau media sosial lainnya. Bukan saja handphone, teknologi lainnya yang selalu berhubungan dengan manusia yaitu TV, komputer dan lain-lain. Dari perkembangan teknologi informasi tersebut, ada banyak manfaat secara umum yang bisa Anda rasakan.

Teknologi informasi

Sebelum kami memberikan ulasan terkait manfaat secara umum, Anda pun harus mengetahuinya terlebih dahulu apa sajakah dampak buruk dari teknologi ini. Dengan begitu, Anda akan lebih cermat dalam memanfaatkan kemajuan teknologi yang satu ini. Dengan memanfaatkan kemajuan dan perkembangan teknologi informasi tersebut, kemungkinan besar akan menuai hasil yang lebih optimal dari jerih payah yang Anda lakukan. Setidaknya Anda akan merasakan penghematan waktu, tenaga dan cara yang lebih praktis.

Adapun secara umum, teknologi komunikasi atau informasi dapat bermanfaat pada beberapa keadaan, seperti:

  1. Memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi. Tidak memandang waktu dan tempat, semuanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut.
  2. Terbukanya peluang bisnis yang baru. Dengan memanfaatkan sisi positif dari kemajuan teknologi saat ini, kemungkinan besar akan berbuah manis pada peluang bisnis yang semakin terbuka lebar.
  3. Adanya peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan publik. Di beberapa lembaga pemerintahan, teknologi sangat dimanfaatkan dengan baik. Karena pelayanan publik harus dilakukan dengan metode dan cara yang cepat, tepat dan praktis.
  4. Memperkaya pengetahuan hingga taraf internasional. Dengan memanfaatkan teknologi, segala sesuatu tentang informasi dan berita internasional dapat ditemukan dengan mudah tanpa menunggu kabar dari orang lain.
  5. Adanya peningkatan layanan informasi jarak jauh dalam bidang kesehatan (telemedicine). Di lembaga kesehatan, teknologi masa kini perlu diterapkan agar semua pelayannya dapat maksimal sekalipun layanan tersebut dibatasi dengan jarak yang cukup jauh.

Itulah lima manfaat secara umum dari adanya teknologi informasi atau komunikasi dalam beberapa kondisi dan keadaan tertentu.

By Bisnis