Menu Makanan IndonesiaMenu Makanan Indonesia

Berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan juga budaya yang sangat kaya, terutama dalam hal kuliner. Suku Sunda yang membentang di wilayah Jawa barat, merupakan salah satu daerah penghasil kuliner lezat yang ada di Negara ini. Ada banyak menu makanan Indonesia yang berasal dari Jawa Barat dan terkenal sampai ke berbagai daerah seperti Nasi To dari Tasikmalaya. Nasi To merupakan sebuah singkatan dari nasi tutug oncom, yaitu nasi yang dicampurkan dengan oncom khas Jawa Barat dengan berbagai bumbu sehingga memiliki citarasa yang lezat. Nasi TO merupakan jajanan yang sedang trend di Indonesia terutama di Jawa Barat.

Selain rasanya yang enak, nasi TO ini memiliki harga yang murah berkisar antara 4 sampai 5 ribu rupiah untuk satu porsi nasi tutug oncom ini. Jika anda ingin menambah lauknya seperti ikan ataupun ayam goreng, maka anda mesti merogoh kocek kembali. Namun sebanding dengan rasa yang disuguhkan. Bagi anda yang ingin mencicipi nasi TO ini, maka anda berjalan-jalan ke Tasikmalaya. Namun jika tidak ada waktu, maka sekarang ini sudah banyak warung yang membuka jualan nasi TO di berbagai daerah seperti Bandung, Garut, Bogor, Sukabumi dan beberapa daerah lainnya di Jawa Barat.

Tapi jika anda gemar memasak, sebaiknya anda mencoba untuk membuatnya sendiri dengan cara :

  1. Sediakan bahan terlebih dahulu seperti nasi putih, oncom, minyak sayur, bawang merah dan beberapa bumbu lainnya, serta bahan pelengkap untuk menghiasi sajian.
  2. Cara membuatnya yaitu tumis terlebih dahulu bumbu sampai mengeluarkan aroma harum, kemudian masukan oncom yang telah di bubukkan sampai terlihat matang kemudian tiriskan.
  3. Siapkan nasi putih dan masukan adonan bumbu dan oncom ke dalam nasi, lalu uleni sampai merata.
  4. Masukan nasi oncom yang telah diuleni ke dalam daun pisang lalu panggang sampai harum. Kemudian tiriskan dan nasi TO lebih baik disajikan dalam keadaan hangat.

Itulah resep menu nasi TO yang merupakan menu makanan Indonesia khas dari Tasikmalaya. Selamat mencoba.