resep camilan praktisresep camilan praktis

Onde-onde merupakan makanan tradisional yang identik dengan bentuknya yang seperti bulan dan dibaluti biji wijen, serta isinya yang identik dengan kacang hijau. Onde-onde akan sering kita jumpai di pasar tradisional ataupun supermarket yang menjual makanan tradisional.

Nah buat kalian para penggemar onde-onde pastinya akan kesulitan membeli jajanan ini jika tidak pada pagi hari. Onde-onde banyak digemari anak-anak, tetapi anak zaman sekarang pastinya jarang ada yang tau mengenai makanan tradisional ini.

resep camilan praktis
resep camilan praktis

Nah untuk memperkenalkan makanan tradisional ini kepada anak-anak anda bisa menggunakan onde-onde sebagai camilan. Berikut ini ada Resep Camilan Praktis onde-onde pelangi. Kenapa warnanya pelangi? Biar anak-anak makin suka, meskipun warnanya pelangi namun tidak merusak ciri khas dari onde-onde.

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan, untuk membuat ada resep camilan praktis onde-onde ini menggunakan isian kacang hijau :

Bahan isian kacang hijau :
2-3 Helai daun pandan, ikat simpul
½ sdt vanili
200 kacang hijau yang sudah direndam terlebih dahulu dan sudah di kupas.
2 sachet santan kara instan dengan takaran 60-70 ml dan di tambahkan air 50 ml, atau bisa menggunakan santan asli kelapa dengan takaran yang sama.
6 sdm Gulaku Pouch (gulaku Pouch kemasan 750 gr sangat efektif dan tidak mudah tumpah, gulaku pouch cocok untuk membuat makanan tradisional)
1 sendok mentega
1 sdt garam.

Bahan untuk membuat kulitnya :
250 tepung ketan
2 sendok tepung beras
1 sendok mentega
2 sendok Gulaku halus
180 CC air hangat
125 kentang kukus

Untuk bahan pelapis menggunakan wijen dan pewarna, untuk pewarna gunakan pewarna alami.
Langkah-langkah membuat onde-onde pelangi :

Untuk isian kukus kacang hijau blender terlebih dahulu, setelah itu kukus dengan santan, gula, vanili, garam.

Setelah itu disangrai di penggorengan hingga kalis Setelah dingin bentuk bulat Untuk wijen disangrai dengan pewarna (pewarna sesuai selera).
Masukkan adonan bulat ke air hangat lalu gulingkan ke wijen
Setelah itu goreng dengan minyak, adonan harus terendam dengan minyak, dan goreng sampai kering.

Nah mudah bukan membuat resep camilan praktis, apalagi menggunakan gulaku yang sehat dan higienis. Mari kita lestarikan jajanan tradisional, dengan memperkenalkan sejak dini. Agar warisan bangsa tetap terjaga.

Resep camilan praktis onde-onde pelangi, ada resep camilan praktis onde-onde pelangi. kenapa warnanya pelangi? biar anak-anak makin suka, meskipun warnanya pelangi namun tidak merusak ciri khas dari onde-onde