berita politik hari iniberita politik hari ini

Sumber: sp.beritasatu.com/home/brasil-akan-pindahkan-kedubes-ke-yerusalem/127845

Berita politik hari ini masalah atau sengketa antara Israel dan Palestina yang diselesaikan tahun tidak pernah selesai. Masalah yang selalu mengganjal hubungan antara negara-dunia Islam dengan negara Eropa dan Amerika pada umumnya.
Setelah keputusan Presiden Amerika Donald Trump yang memindahkan Kedutaan Amerika dari Tel Aviv ke Yerusalem, wilayah yang sebagian besar masih menunggu sebagai daerah Palestina, kini Presiden terpilih Brasil, Jair Bolsonaro membahas hal yang sama. Bolsonaro mengumumkan rencana tersebut, setelah bertemu dengan Penandatangan Keamanan Nasional Amerika Serikat, John Bolhen, akhir November 2018 lalu. Bolsonaro berniat mengikuti jejak Donald Trump.
Rencana Presiden Bolsonaro langsung mendapat kecaman keras dari dunia Islam. Bahkan, di negara Brasil sendiri, Bolsonaro mendapat tekanan keras dari berbagai kelompok dalam negeri, dengan menyatakan bahwa langkah tersebut akan menghancurkan hubungan Brasil dengan negara-negara Arab.
Berita politik hari ini, mengutip berita Reuters mengumumkan pertemuan antara Perdana Menteri Israel Netanyahu dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Minggu 30 Desember 2018. Pertemuan yang dilakukan tertutup dengan penjagaan yang super ketat tersebut, dilakukan di sebuah gedung di Pantai Capacabana, Brasil. Acara makan siang sambil berbincang yang dijaga oleh banyak penembak jitu untuk mendukung kedua tokoh yang hadir.
Hasil pertemuan kedua tokoh negara Brasil dan Israel, ternyata tidak membahas rencana pemindahan Kedutaan Brasil. Setelah perbincangan tertutup, kedua tokoh negara petinggi diceritakan hanya saling mengungkapkan pujian.
Menurut Bolsonaro, Brasil dan Israel akan banyak melakukan kerja sama bilateral di tahun-tahun berikutnya. Israel melalui Perdana Menteri Benyamin Netanyahu menjanjikan bantuan kepada Brasil di bidang ekonomi, keamanan, pertanian, sumber udara. Permasalahan yang memang melanda sebagian besar wilayah Brasil.
PM Netanyahu, sebagai PM pertama Israel yang pertama kali berkunjung ke Brasil, dalam kesempatan ini juga mengundang Presiden Bolsonaro untuk melakukan kunjungan kerja balik ke Israel sekitar bulan Maret 2019. PM Netanyahu mengatakan bahwa Brasil adalah rekan yang baru saja menjadi jempolan, yang sangat baik.
Sebenarnya tidak hanya Brasil yang akan memindahkan kantor kedutaannya ke Yerussalem Barat, setelah pengumuman Israel yang memindahkan ibu kota-nya ke sana. Setelah Amerika Serikat yang langsung menerima pemindahan ibu kota, Australia pertengahan Desember 2018 juga menerima hal yang sama. Namun, Australia belum menentukan kapan kedutaannya akan dipindahkan ke Yerusalem. Masalah ini akan berdampak dengan hubungan Indonesia dengan Australia. Demikian berita politik hari ini matamatapolitik.com.

By News