Amonia Biasanya disimpan dalam keadaan cair, bertekanan dan bertemperatur rendah. Amonia juga biasanya digunakan sebagai bahan baku pupuk penyubur lahan pertanian, atau produksi plastik, serat sintesis, asam nitrit dan senyawa lainnya. PT Parna Raya memproduksi Amonia secara modern yang dikelola oleh PT Kaltim Parna Industri dikenal juga dengan KPI.

Badan usaha yang bergerak dalam bidang industri petrokimia ini menggunakan bahan baku gas bumi. Dengan kapasitas produksi hingga 1500 MT per hari, di Kawasan Industri PT Kaltim Industrial Estate (KIE) Kelurahan Guntung, Bontang, Kalimantan Timur.

PT Parna Raya
PT Parna Raya

Secara garis besar proses pembuatan amonia dibagi menjadi 4 unit, yakni Feed Treating Unit atau membersihkan gas alam dari senyawa belerang. Gas alam dilewatkan dalam suatu bejana yang disebut Desulfurizer, agar tidak menimbulkan keracunan. Lalu tahap reforming unit yang di reaksi sehingga menghasilkan gas hidrogen, nitrogen, dan karbon dioksida.

Gas hasil reaksi ini dikirim ke Unit purifikasi dan Methanasi untuk dipisahkan gas karbon dioksidanya agar tidak menimbulkan racun pada katalisator. Sebelum akhirnya memasuki tahap Compression Synloop & Refrigeration unit dengan cara menekan perbandingan gas hidrogen dengan nitrogen 3 : 1 sehingga mencapai tekanan oleh Ammonia Converter.

Agar terjadi reaksi pembentukan yang akan didapatkan amonia dalam fasa cair sebagai bahan baku pembuatan pupuk urea, dan tentunya bermanfaat untuk petani sebagai penyubur tanaman untuk hasil panen yang melimpah.

Amonia juga memiliki bersifat yang basa, sangat mudah larut dalam air, tak berwarna namun memiliki bau khas yang amat kuat. Biasa juga digunakan untuk obat-obatan, dan sebagai bahan campuran untuk pupuk urea, bahan pembuatan asam nitrat, zat pendingin, bahan dasar pembuatan kertas, plastik dan deterjen yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Dalam industri amonia, KPI telah mengukir sejumlah prestasi sertifikat dalam standar dan aturan industri nasional. Serta berbagai penghargaan tingkat kecelakaan kerja nihil  tingkat provinsi dan nasional. Hal ini tentu membuat PT Parna Raya semakin berkualitas dalam memenuhi segmen pasar industri.

By Bisnis