Cara hitung biaya bangun rumahCara hitung biaya bangun rumah

Sebelum Anda membangun sebuah rumah, pastikan Anda membuat estimasinya terlebih dahulu. Pada dasarnya, cara hitung biaya bangun rumah tergolong mudah. Siapa saja bisa melakukannya. Namun, bagi Anda yang masih bingung melakukannya, di sini kami akan menjelaskannya kepada Anda. Penasaran ingin tahu caranya? Yuk, simak selengkapnya penjelasan di bawah ini:

1. Hitung Luas Bangunan

Pertama-tama, silahkan Anda hitung terlebih dahulu berapa luas bangunan yang ingin Anda buat menjadi sebuah tempat tinggal yang nyaman. Luas bangunan memengaruhi biaya yang harus Anda keluarkan. Semakin luas bangunan yang ingin Anda buat, maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

Cara hitung biaya bangun rumah
Cara hitung biaya bangun rumah

(source:https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700×465/photo/ideafoto/original/12544_pilih-material-ini-jika-ingin-membangun-rumah-dengan-cepat.jpg)

2. Lokasi Rumah

Jika Anda belum memiliki lokasi, silahkan survey terlebih dahulu lokasi yang ingin Anda pilih. Lokasi rumah juga akan menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Jika Anda ingin memilih lokasi yang strategis, tentu biayanya akan semakin tinggi. Survey terlebih dahulu lokasi lengkap dengan harganya untuk menemukan harga yang cocok.

3. Hitung Jumlah Ruangan

Biaya konstruksi juga akan dipengaruhi oleh jumlah ruangan yang Anda gunakan. Semakin banyak ruang berdinding, maka biaya pun akan semakin bertambah. Ruangan yang dimaksud seperti ruang tamu, kamar tidur, dan lainnya. Silahkan Anda pertimbangkan kebutuhan ruangan dan biaya yang disiapkan.

4. Pilihan Material Bangunan

Seperti yang kita ketahui, ada banyak kualitas material bangunan yang ada di pasaran. Material tersebut memiliki harga yang tergolong berbeda-beda. Anda bisa menanyakan langsung kepada kontraktor terkait harga material yang akan digunakan. Silahkan Anda pilih material yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Hitung Biaya per Meter Persegi

Hitunglah berapa biaya bangunan yang akan Anda buat. Untuk menghitung biaya per meternya, silahkan Anda konsultasikan dengan kontraktor yang akan menanganinya. Setelah mengetahui berapa biaya per meter persegi, silahkan Anda hitung secara keseluruhan.

Nah, itulah informasi bermanfaat yang penting untuk diketahui sebelum membangun rumah. Cara hitung biaya bangun rumah yang telah kami bagikan di atas, akan membantu Anda dalam menentukan  kualitasnya. Cara membuat estimasi di atas tergolong sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda yang berencana membuatnya.

By Bisnis