Tips Agar Berat Badan Anak IdealTips Agar Berat Badan Anak Ideal

Sama halnya seperti orang dewasa, anak-anak juga dituntut untuk memiliki berat badan yang sesuai dengan standar kesehatan. Namun berbeda dengan orang dewasa, menghitung kalori dan banyak berolahraga bukan menjadi solusi efektif untuk mencapai berat badan ideal pada anak. Bahkan membatasi asupan kalori malah bisa menghambat pertumbuhan dan menimbulkan risiko kesehatan. Lantas, bagaimana cara mencapai berat badan anak ideal?

Salah satu cara terbaik untuk menjaga berat badan anak adalah menerapkan pola makan sehat. Sebaiknya Anda mulai membuat jadwal makan tiga kali sehari dan dua kali makan camilan karena pada umumnya anak masih suka ngemil. Berikut ini adalah tips menerapkan pola makan sehat agar berat badan anak Anda ideal:

Tips Agar Berat Badan Anak Ideal
Tips Agar Berat Badan Anak Ideal

source: https://www.dancow.co.id/dpc//sites/default/files/2018-08/55ca382b5e800420446f91da9443b8382e4c9186.jpeg

Siapkan Bekal Setiap Hari

Ketika anak sudah sekolah, penerapan pola makan sehat akan sedikit memiliki kendala. Sebagai contoh yaitu anak yang tidak sempat sarapan karena bangun kesiangan atau anak yang memilih menu kurang sehat saat berada di sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka Anda bisa menyiapkan bekal setiap hari. Buatlah makanan yang menarik namun tetap sehat agar anak mau membawa bekal makan siang buatan Anda.

Sediakan Camilan Sehat

Camilan masih menjadi salah satu pola makan yang tidak bisa ditinggalkan anak-anak. Agar berat badan anak ideal, maka Anda wajib menyediakan camilan sehat di kulkas. Beberapa camilan sehat yang bisa Anda berikan yaitu biskuit gandum, buah segar, popcorn, serta roti gandum tawar. Jauhkan camilan yang tidak sehat seperti biskuit, kue, dan juga es krim jika Anda tidak ingin berat badan anak naik.

Pilih Cara Masak yang Menyehatkan

Cara memasak yang Anda pilih ternyata juga berpengaruh terhadap hasil masakan. Meskipun Anda sudah memilih bahan yang sehat namun cara memasaknya salah maka makanan tersebut bisa berubah menjadi makanan yang kurang sehat. Sebaiknya pilih cara memasak yang tidak memakai minyak, misalnya seperti membakar, memanggang, atau mengukus.

Itulah tips menerapkan pola makan sehat sehingga mereka bisa lebih sehat. Tips lain yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan susu Dancow Gum untuk anak secara rutin. Dancow Gum adalah rangkaian susu pertumbuhan yang dikhususkan untuk anak usia 1 tahun ke atas. Anjuran konsumsi susu yang baik untuk anak yaitu sekitar 1 hingga 2 gelas sehari. Dengan konsumsi nutrisi yang terpenuhi, pola makan sehat, banyak gerak, serta istirahat yang cukup maka anak bisa mendapatkan berat idealnya.

By Bisnis