jurusan teknik informatikajurusan teknik informatika

Bidang pengembangan perangkat lunak terus berkembang dan terus mencatat angka pertumbuhan yang positif. Ini adalah hasil dari peningkatan dalam bahasa pemrograman yang tersedia saat ini ditambah dengan teknologi yang muncul seperti Artificial Intelligence dan Blockchain.

Jika Anda ingin memulai karir di bidang rekayasa perangkat lunak, teknologi yang muncul ini tidak hanya mengharuskan Anda untuk terus meningkatkan keterampilan, tetapi juga menciptakan lebih banyak peluang kerja. Selain itu Anda juga harus mengambil  jurusan teknik informatika. Ini mungkin menjelaskan mengapa “kesediaan untuk belajar” adalah kriteria utama bagi perusahaan yang ingin menyewa pengembang yang berdedikasi.

  • Paket Gaji Menarik

Salah satu alasan terbesar dan berharga untuk menjadi insinyur perangkat lunak adalah gaji rekayasa perangkat lunak tahunan rata-rata yang tinggi. Bergantung pada lokasi, pengalaman bertahun-tahun, dan ukuran perusahaan, Anda bisa mendapatkan gaji yang sangat menarik.

Jadi, jika Anda mencari profesi yang menawarkan tingkat gaji yang kompetitif dan peluang pertumbuhan karir yang hebat, rekayasa perangkat lunak harus berada di urutan teratas daftar Anda.

  • Keseimbangan Pekerjaan dan Kehidupan

Alasan lain mengapa Anda harus mengejar karir di bidang rekayasa perangkat lunak adalah fleksibilitas yang menyertai posisi tersebut. Stereotip insinyur perangkat lunak komputer yang duduk di bilik kecil, membuat kode sepanjang hari, jauh dari keramaian karena Anda dapat bekerja dari jarak jauh.

Berbagai peluang karir dari jurusan teknik informatika dalam rekayasa perangkat lunak memberi kesempatan kepada pengembang untuk menaiki tangga karir untuk menjadi pengembang senior. Dimungkinkan juga untuk bercabang dan berspesialisasi dalam satu bahasa atau keterampilan, atau bahkan memulai perusahaan Anda sendiri.

  • Kesempatan Belajar Berkelanjutan

Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, ekosistem pengembangan perangkat lunak berkembang pesat, dengan teknologi baru yang bermunculan dari hari ke hari. Untuk terus beradaptasi dengan lingkungan yang selalu berubah ini, insinyur perangkat lunak perlu mengikuti semua bahasa dan teknologi baru.

Bersamaan dengan itu, mereka juga perlu mengembangkan pengetahuan tentang tren industri agar tidak ketinggalan. Semua skenario ini adalah kesempatan belajar yang luar biasa bagi pengembang perangkat lunak karena mereka membantu menjaga pikiran tetap segar dan membuat pekerjaan menarik.

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika
  • Kolaborasi dengan Individu dan Tim yang Berpikiran Sama

Dibutuhkan lebih dari sekadar keterampilan teknis untuk menjadi insinyur perangkat lunak yang baik. Anda juga harus memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang hebat serta menjadi seorang pekerja yang baik. Misalnya, jika Anda adalah pengembang aplikasi IoT, Anda akan sering kali perlu berkolaborasi dengan anggota tim lain dan berbagi pengetahuan, ide, dan membantu mengembangkan praktik pengembangan yang baik. Dan dengan melakukannya, Anda mendapat kesempatan untuk belajar dari orang lain serta meningkatkan keterampilan komunikasi dan interpersonal Anda.

  • Struktur Kerja Berbasis Proyek

Sebagian besar pengembangan perangkat lunak memerlukan pengerjaan beberapa proyek dengan beragam kebutuhan. Salah satu keuntungan terbesar dari gaya pekerjaan ini adalah bahwa setiap proyek baru memberi Anda serangkaian tantangan baru, memungkinkan Anda mempelajari teknologi baru, sistem, dan berbagai bagian bisnis.

Selain itu, struktur kerja berbasis proyek juga memberi Anda gambaran tentang berbagai arah bisnis, karena dalam banyak kesempatan, proyek pengembangan datang dengan kerangka waktu dan hasil yang tetap.

  • Anda Akan Ditantang dengan Sesuai untuk Memecahkan Masalah dan Memecahkan Masalah

Baik Anda dipekerjakan oleh perusahaan untuk membuat perangkat lunak baru atau untuk membantu memecahkan masalah mengapa platform ada yang tidak berfungsi, bekerja sebagai insinyur perangkat lunak itu menantang dan Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk memecahkan masalah.

Dengan demikian, jika Anda adalah tipe orang yang suka memecahkan masalah untuk menentukan akar penyebabnya, menjadikan rekayasa perangkat lunak sebagai pilihan karier Anda akan sangat bagus.

Untuk mendapatkan kesempatan berkarir di bidang ini, Anda harus mengambil kuliah di jurusan teknik informatika. Tempat yang tepat untuk menuntut ilmu di bidang ini adalah IDS Digital College, tempat belajar yang membantu Anda menyiapkan diri terjun di bidang teknologi.

By Bisnis