perkembangan anak usia diniperkembangan anak usia dini

Perkembangan kognitif ini penting karena melibatkan proses progresif si Kecil seperti atensi, logika berpikir, dan juga memori atau ingatan. Kemampuan kognitif yang baik membawa si Kecil untuk bisa belajar mengevaluasi, memproses informasi, mengingat, melakukan perbandingan, serta memahami sebab akibat. Perkembangan anak usia dini perlu Mam perhatikan, termasuk dengan perkembangan kognitif-nya. Salah satunya yaitu dengan mengetahui apa saja faktor penunjang perkembangan kognitif anak berikut ini:

Hereditas atau Keturunan

Faktor pertama yang menunjang perkembangan kognitif si Kecil adalah hereditas atau keturunan. Jadi bisa dibilang bahwa mungkin saja seorang anak akan memiliki kemampuan berpikir yang mirip dengan orang tuanya. Meskipun mereka memiliki potensi mirip dengan orang tuanya, namun potensi tersebut tidak bisa berkembang apabila tidak didukung dari lingkungannya.

perkembangan anak usia dini
perkembangan anak usia dini

Lingkungan Keluarga

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa memang lingkungan memiliki peran dalam memengaruhi tingkat kognitif seorang anak. Faktor lingkungan keluarga menjadi salah satunya karena berada paling dekat dengan si Kecil. Hubungan baik antara orang tua serta anak mampu menjadi fasilitas bagi perkembangan kognitifnya. Oleh sebab itu, para orang tua dianjurkan untuk memberikan perhatian dan kasih saya pada anak.

Lingkungan Sekolah

Selain lingkungan keluarga, lingkungan sekolah juga menjadi faktor penunjang perkembangan kognitif si Kecil. Pasalnya, sekolah diberi tanggung jawab untuk memberikan pembelajaran agar kemampuannya meningkat, termasuk kemampuan kognitif. Karena itu, guru atau pengajar di sekolah juga memiliki peran besar dalam mengembangkan dan menunjang kemampuan kognitif anak.

Selain faktor-faktor di atas, perkembangan kognitif si Kecil juga dipengaruhi oleh budaya, ras, jenis kelamin, dan juga asupan nutrisi. Jika ingin perkembangan anak usia dini berjalan optimal maka Mam perlu menyediakan nutrisi lengkap melalui makanan. Kombinasi nutrisi dan stimulasi tepat dapat membantu membentuk struktur otak anak secara optimal.

Nutrisi bisa didapatkan dari makanan sehat yang dikonsumsi si Kecil, serta pemberian susu pertumbuhan. Mam bisa memberikan susu Wyeth Nutrition untuk mendukung nutrisi lengkap bagi si Kecil. Ada dua tahapan yang tersedia yaitu S-26 Procal GOLD untuk usia 1-3 tahun dan S-26 Promise GOLD untuk usia 3 tahun ke atas.

By Bisnis