Samsung A80Samsung A80

Seperti produsen-produsen lain yang meluncurkan smartphone dengan kamera pop-up, Samsung pun tidak mau ketinggalan. Sebagai leader market yang berasal dari Korea Selatan ini mempunyai ego supaya tampil lebih futuristic dan berbeda dengan yang lainnya, maka muncullah Samsung A80. Tipe ini awal kemunculan nya yaitu diperkenalkan pada bulan April dalam ajang A Galaxy Event yang diselenggarakan di Bangkok.

Pada 18 Juli 2019 tipe ini sudah resmi dihadirkan di Indonesia. Setelah peluncuran secara global, selang beberapa hari Samsung tipe A80 sudah bisa dibeli secara preorder. Salah satu hal yang membuat proses pengembangan Samsung ini perlu waktu lama yaitu karena konsep rotating camera yang menjadi eksperimennya. Sistem ini masih baru dan belum pernah ada pada tipe Samsung mana pun, bahkan pada produk yang dirilis setelahnya sekalipun.

  1. Bagian Desainnya

Dimulai dari desainnya, sebab bagian inilah yang memberikan kesan awal saat pertama kali dilihat. Samsung tipe A80 telah berhasil memberikan kesan yang istimewa bagi orang yang pertama kali melihatnya.  Kesannya yaitu sangat kokoh, solid dan sangat mewah, akan tetapi di sisi lain ketebalan dan berat bobotnya yakni 232 gram. Meskipun terbilang cukup besar namun bodinya tetap ramping dan pegangan yang dimilikinya ergonomis dana man, memastikan pas di tangan.

Pada bagian belakangnya tersusun dari bahan yang bukan murahan, melainkan kaca yang sudah terlapisi dengan Gorilla Glass yang berbingkai logam. Tampilan seperti itu membuat A80 membuat sama premiumnya dengan Galaxy S10 serta iPhone yang berharga paling mahal. Tipe A80 hadir dengan tiga warna pilihan yaitu Phantom black, Ghost White dan Angel Gold.

Beranjak ke bagian detailnya, A80 mempunyai tombol power pada bagian kanan serta volume rocker di sebelah kiri.  Layar bagian depannya dipenuhi bezel yang berukuran sangat tipis. Di bagian belakang ada kamera yang berbaris rapi di atas yang dapat menambah nilai jual dari produk Samsung ini. Pada bagian bawahnya terdapat port USB-C di tengah-tengah yang diapit oleh slot SIM serta speaker tanpa adanya dukungan microSD. Samsung tipe A80 ini sudah menyediakan headset dengan kabel USB nya yang memiliki tipe C.

  • Bagian Layarnya

Bukan manusia namanya jika tidak pernah merasa tidak puas, ini pula yang membuat teknologi semakin berkembang. Seperti dalam hal layar HP, dulu masih monokrom dengan ukurannya yang kecil selanjutnya berwarna dengan ukuran yang semakin lebar. Semakin ke sini layarnya dapat disentuh, kualitasnya pun semakin tinggi. Seperti itu pun masih kurang cukup, didasarkan pada estetika serta visual sehingga bezel haruslah dibuat se tipis mungkin.

Pada smartphone ini  hal pertama yang menjadi penghalang yaitu kamera depan sehingga dibuatlah konsep poni hingga seperti pinhole. Karena belum merasa puas maka kamera depannya dibuat tersembunyi dan dengan sistem motoric maka akan muncul secara otomatis ketika menu kamera depan diaktifkan. Tak kalah dengan pesaing-pesaing lainnya Samsung menghadirkan konsep rotating camera yang membuatnya semakin canggih dan keren.

Sehingga hasil tampilan layar dari Samsung A80 sangatlah keren dan benar-benar memenuhi layar. Pada produk Samsung, A80 inilah yang pertama kali mengusung layar penuh. Kemudian menyebut tampilan layarnya sebagai Cinematic Infinity Display yang beresolusi Full HD+ dengan ukuran 6,7”. Serta dengan panel Super AMOLED yang dapat memberikan hasil rasio layar 20:9 sehingga hasil visualnya akan terlihat lebih detail.

  • Bagian Kamerannya

Salah satu bagian menarik pada Samsung A80 yaitu pada kameranya. Samsung baru pertama kali melakukan eksperimen baru yaitu dengan meluncurkan inovasi rotating triple camera. Hal tersebut dapat memberikan kemungkinan lagi konsumen untuk menangkap lebih banyak momen di sekitarnya tanpa hambatan apapun. Biasanya ponsel mempunyai kamera dengan dua bagian yakni depan dan belakang untuk selfie, akan tetapi berbeda dengan A80 ini.

Smartphone yang banyak peminatnya di Indonesia ini memiliki cukup satu kamera yang secara default di bagian belakang. Mempunyai tiga kamera canggih yang dapat berputar secara otomatis dari belakang ke bagian depan saat penggunanya mengaktifkan fitur front kamera. Bagaimana, sangat canggih sekali bukan? Anda dapat memperoleh kualitas kamera depan melalui mekanisme rotating inovatif untuk berswafoto ataupun vlog yang tak kalah oke dengan kamera belakang.

Itulah yang dapat menambah poin plus dari adanya rotating camera. Sebab, umumnya kamera depan mempunyai kualitas yang rendah. Agar kamera dapat meluncur ke atas dan berputar dari dalam perangkatnya secara teknis dibutuhkan dua motor. Untuk mengatasi hal tersebut, Samsung mengembangkan solusi yang tidak butuh komponen motor ekstra. Dengan adanya teknologi tersebut dapat mengoptimalkan daya pada slide serta rotasi vertical kamera.

  • Bagian Fiturnya

Samsung A80 menggunakan platform antarmuka baru yang menjadi andalannya yaitu One UI. Antarmuka tersebut dapat mendukung interaksi yang lebih cerdas dan nyaman termasuk One Handed Navigation. Juga mempunyai Night Mode UI yang dapat memberikan kenyamanan tampilan saat digunakan di waktu malam hari. Samsung ini sudah didukung dengan teknologi Dolby Atmos yang berkualitas suara 360 derajat untuk mendengarkan music ataupun podcast.

Anda akan mendapatkan pengalaman yang mendalam ketika bermain melalui earphone ataupun speaker Bluetooth. Seperti smartphone kekinian keluaran baru, A80 juga didukung dengan On Screen Fingerprint yang dapat memberikan Anda pengalaman intuitif yang nyaman. Serta berguna untuk mengontrol akses ke ponsel tanpa perlu mengubah posisi genggaman, bukanlah sesuatu yang esensial namun sangat menarik dan tampak lebih futuristic. Untuk factor keamanannya tipe A80 telah mempercayakan pada Samsung Knox.

Samsung Knox merupakan salah satu platform keamanan yang dirancang khusus untuk melindungi chipset hingga software pada smartphone. Sehingga berkaitan dengan privasi pengguna akan tetap aman ketika menggunakan Samsung Galaxy A80. Semakin canggih lagi karena sudah didukung dengan Samsung Pay yang dapat mendukung pembayaran melalui platform DANA. Pengguna ponsel dapat masuk melalui situs web serta aplikasi dengan menggunakan otentikasi biometric untuk mengakses lebih aman dan mudah.

  • Bagian Performanya

Samsung Galaxy A80 dilengkapi dengan tenaga SoC snapdragon 730 G dari QUALCOMM yang merupakan chipset terbaru di kelas 7xx dan diperkuat oleh teknologi AI. Teknologi tersebut di klaim bahwa dapat bekerja dua kali lebih cepat ketika membuka berbagai macam aplikasi. Dan juga 25% lebih cepat untuk graphics rendering saat melakukan aktivitas gaming.

Ditambah lagi dengan dukungan fitur premium Intelligent Performance Enhancer sehingga A80 dapat bekerja lebih cepat, lebih keras dan lebih lama. Software mengoptimalkan kinerja yang bertenaga AI-nya dapat memaksimalkan RAM, CPU serta kapasitas baterai perangkat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

Kinerja dari snapdragon 730 bisa berlari dengan kencang, terlebih lagi chipset yang ada dapat mengoptimalkan untuk gaming. Untuk mendukung penggunaan Samsung Galaxy A80 dilengkapi dengan baterai sebesar 3700 mAh. Smartphone akan bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal seperti chat, browsing, akses media sosial yang tidak terus-terusan.

Dilengkapi dengan baterai pintar yang di klaim dapat mempelajari kegiatan sehari-hari serta pola penggunaan aplikasi untuk mengoptimalkan konsumsi daya pada hp. Selain itu, dilengkapi dengan Adaptive Power Saving Mode yang dapat bekerja lebih efisien. Selanjutnya ada fitur Super Fast Charging 25 W sehingga dalam penambahan daya akan lebih cepat penuh.

Tips Merawat Samsung A80 Supaya Tidak cepat Rusak

Mempunyai hp yang canggih dan berkualitas merupakan idaman bagi banyak orang. Namun tidak cukup saja jika hanya memilikinya. Maka Anda juga harus tahu bagaimana cara merawatnya supaya tidak cepat rusak. Pasti Anda ingin mempertahankan smartphone kesayangan tersebut, bukan? Nah, untuk itu perlu untuk Anda ketahui beberapa tips merawat Hp Samsung agar tetap awet di bawah ini.

  • Perawatan untuk Layar Ponsel

Layar LCD merupakan salah satu komponen ponsel yang kerap kali mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, Anda harus merawatnya yaitu dengan cara memasang piranti gores yang terbaik untuk Hp kesayangan. Dengan adanya piranti gores tersebut berguna untuk menjaga keawetan layar serta menghindarinya dari berbagai benturan yang menyebabkan kerusakan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelindung lainnya seperti plastic anti gores atau yang sering disebut dengan screen protector. Screen protector ini dapat berguna untuk melindungi layar dari berbagai sentuhan benda lain maupun berbagai tangan. Kemudian ketika menyimpan ponsel, simpanlah ke tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sebab paparan sinar matahari dapat menurunkan kualitas dari LCD ponsel Anda.

  • Perawatan Pada Software

Perawatan software ini sangat penting untuk Anda perhatikan, sebab efek yang ditimbulkan langsung ke sistem ponsel. Jika software ponsel Anda telah rusak, maka sudah tidak bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sudah di download. Penyebab dari kerusakan software pada ponsel biasanya yaitu virus atau malware.

Namun Anda tidak perlu khawatir, untuk menghindarinya yaitu dengan memasang aplikasi antivirus yang bisa diinstal secara gratis melalui Play Store. Perlu untuk Anda ingat bahwa ketika mendownload suatu aplikasi jangan asal melalui sumber yang tidak terpercaya. Jika Anda sebarangan mendownload, bisa saja file tersebut mengandung virus yang dapat merusak performa dari Samsung Anda.

  • Perawatan Pada Body Samsung

Supaya bodi ponsel kesayangan Anda tetap terlihat seperti baru dan tetap awet maka dengan menggunakan pelindung  merupakan solusi yang tepat. Menggunakan casing yang bagus, tali hp ataupun gantungan bisa menjadi langkah dalam perawatan bodi ponsel. Jika Anda menggunakan casing maka sebaiknya pilihlah jenis softcase daripada hardcase. Sebab softcase dalam meredam benturan lebih baik dibandingkan yang hardcase.

Selain menggunakan casing yang terbaik untuk merawat ponsel kesayangan, Anda juga bisa melakukan pembersihan secara berkala. Bersihkan debu-debu yang menempel pada ponsel dengan hati-hati menggunakan softcutton supaya tidak menggores bodi.

Itulah penjelasan mengenai spesifikasi Samsung A80 lengkap dengan bagaimana cara perawatannya, semoga dapat membantu Anda memberikan pengalaman baru ketika akan membelinya. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati jika akan membelinya, lakukan pengecekan secara teliti sebelum membelinya. Semoga sedikit informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda menjaga agar smartphone kesayangan tetap awet dan tahan lama. Selamat mencoba!