cyber security indonesiacyber security indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, serangan dunia maya di dunia memiliki kuantitas yang lebih signifikan. Dan pakar cyber security Indonesia harus selalu menemukan cara untuk membatasi kerusakan keamanan cyber. Sejalan dengan perkembangan pesat teknologi dan jaringan Internet selama dekade terakhir, telah terjadi peningkatan yang konstan, serta potensi dampak dari serangan siber. Atau pada jenis malware lain, serangan menjadi jauh lebih kompleks dan canggih.

Kerugian rata-rata dari satu kompromi data bisnis dapat mencapai ratusan juta, sehingga meningkatkan keamanan siber tidak lagi menjadi pilihan, tetapi suatu keharusan. Kemampuan data cyber security telah banyak membantu dalam memerangi kejahatan dunia maya, termasuk kemampuan untuk mengenali dan mendeteksi anomali dengan lebih cepat dan menyeluruh. Sehingga membantu tindakan pencegahan yang lebih efektif dan cepat.

cyber security indonesia
cyber security indonesia

Tujuan Perusahaan untuk Mengoptimalkan Keamanan

Sampai semua bisnis mengadopsi praktik keamanan terbaik, bahkan alat dasar seperti phishing selalu menjadi ancaman. Terutama sekarang yang cenderung difokuskan oleh perusahaan meningkatkan produktivitas dan fleksibilitas karyawan dengan memungkinkan penggunaan perangkat pribadi untuk menangani pekerjaan.

Kedepannya, cyber security akan melihat kolaborasi yang lebih luas dan lebih formal. Selain itu, pemasok teknologi akan mengutamakan pelanggan mereka, dan pada saat yang sama memahami kompleksitas rantai pasokan modern.

Tim ini juga dapat berubah menjadi senjata ampuh bagi para penyerang dunia maya dalam pembuatan malware yang dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Serangan ini datang dalam berbagai bentuk: melalui platform media sosial, aktivitas manipulasi, atau dalam bentuk phishing dasar.

Karena sifat konektivitas jaringan global, serangan siber tidak mendiskriminasi di dalam negeri atau asing. Selain itu, serangan siber tidak akan hilang sama sekali, yang penting kita berinisiatif dalam melindungi, mencegah, mengatasi dan meminimalisir kerusakan jika terjadi serangan.

Program kuliah cyber security bertujuan untuk membantu mahasiswa mengembangkan kualitas: patriotisme, rasa tanggung jawab warga negara dalam rangka pembangunan dan pertahanan nasional. Dan menjamin keamanan, keselamatan, dan ketertiban sosial, juga bersiap-siap melindungi negara.

Bersamaan dengan itu, IDS College telah berkontribusi pada pengembangan mahasiswa dengan kompetensi yang sama, belajar mandiri, kapasitas kerja sama; kapasitas untuk pemecahan masalah secara kreatif. Juga melalui kapasitas khusus seperti: kapasitas persepsi tentang masalah pertahanan dan keamanan; kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari dalam kehidupan.

Kuliah jurusan cyber security Indonesia berkontribusi pada pembentukan dan pengembangan mahasiswa yang memiliki kompetensi umum yang ditentukan dalam Program Sarjana melalui kompetensi khusus mata kuliah. Keamanan dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan militer dalam kehidupan.

Dalam hal kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan militer dalam kehidupan, program ini mengharuskan mahasiswa untuk mematuhi undang-undang tentang keamanan siber dan keamanan non-tradisional.

Pada 2019, lebih dari 4 miliar catatan telah diretas karena data dibobol secara illegal, kata sandi yang longgar selalu menjadi masalah. Faktanya, 63% dari operasi intrusi data yang dikonfirmasi melibatkan penggunaan kata sandi yang lemah, kata sandi default, atau kata sandi curian.

Di program jurusan cyber security Indonesia, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan tentang keamanan siber, dengan topik pemahaman umum tentang pertahanan dan keamanan. Secara khusus, persyaratan bagi mahasiswa adalah untuk memahami beberapa konsep dasar jaringan, keamanan jaringan, dan kerahasiaan informasi pribadi di dunia maya. IDS College akan menjadi solusinya di masa depan, yang melahirkan SDM yang mumpuni dalam mengatasi keamanan syber. 

By Bisnis