Menjaga Kesehatan Dimasa Pertumbuhan Anak

0

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk siapapun, terlebih untuk anak-anak pastinya Mam selalu menjaganya dengan ketat supaya anak tidak sakit. Dengan semakin sedikitnya intensitas sakit anak maka pertumbuhan anak semakin baik, andaikan kita lari tidak ada penghalang di depan kita. Namun dalam menjaga kesehatan anak dimana pertumbuhannya Mam juga harus tahu caranya.

Nah Anda bisa lihat disini mengenai cara menjaga kesehatan dimasa pertumbuhan anak, supaya bisa tumbuh dengan baik.

Cara Menjaga Kesehatan Dimasa Pertumbuhan Anak

pertumbuhan anak
pertumbuhan anak

1. Berikan ASI Eksklusif

Menyusui merupakan sebagai salah satu cara yang sangat luar biasa bagi Ibu dan si kecil, ini sangat berguna untuk mempererat ikatan batik namun selain itu yang lebih penting adalah memberikan nutrisi yang alami pada anak. Akan tetapi mungkin dalam hal ini menyusui secara langsung mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua Mam. Ini karena menyusui membutuhkan banyak sekali waktu serta pengabdian untuk memberikan nutrisi yang menyehatkan. Penting untuk Mam ketahui bahwa ASI memiliki kandungan antibodi yang dapat membantu Si Kecil untuk melawan virus serta bakteri. Hal ini tentunya sangat penting untuk membantu pembentukan kekebalan tubuh bagi Si Kecil yang masih berkembang.

2. Lakukan Imunisasi

Langkah kedua yang harus Anda lakukan untuk menjaga pertumbuhan anak yaitu mengikutkan dalam Imunisasi, ini merupakan program pemberian vaksin ke dalam tubuh anak untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit. Biasanya di usia kecil, wajib melakukan imunisasi polio, DPT ulangan, MMR (measles, mumps, dan rubella), tifoid, hepatitis A, influenza, varisela, dan pneumokokus. 

3. Menjaga Asupan Makanan Si Kecil

Makanan merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kesehatan si kecil, sehingga dalam hal ini Mam perlu untuk memperhatikan serta menjaga asupan makanan sikecil. Pada dasarnya si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan keluarga, namun perlu diketahui untuk tekstur makanannya pilihkan yang lunak. Kalau Mam memberikan banyak sayuran, buah-buahan serta produk gandum ini sangat berguna dalam menjaga kesehatan Si Kecil. Sebaiknya juga Mam hindari juga memberikannya gula serta makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang terlalu banyak.

4. Perhatikan Waktu Tidur Si Kecil

Tidur tidaklah hanya sekedar untuk menghilangkan rasa kantuk saja, namun ini sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil. Dengan tidur yang cukup, maka ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat mendukung tumbuh kembangnya dan tentu saja dapat mempengaruhi tingkat kognitifnya.

Untuk waktu tidur si kecil ini membutuhkan sekitar 12-14 jam untuk usia 1-2 tahun. Ini sudah termasuk dalam jam tidur siang sebanyak 1-3 jam dalam sehari. Nah maka dari itu Mam memperhatikan kualitas dan kuantitas tidur yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

5. Penuhi Kasih Sayang untuk Si Kecil

Tahukan Mam, bahwa hubungan mam dan anak yang penuh perhatian dan kasih sayang yang stabil bisa membantu pertumbuhan anak yang baik? maka dari itu sebaiknya mam berikan perhatian yang positif serta kasih sayang. Hubungan Mam dan anak yang kuat sejak dini tentu saja akan membuat anak terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mental ataupun fisik.

Pastikan Berikan Nutrisi Tepat untuk Pertumbuhan Anak

Pertumbuhan anak berbeda untuk setiap tahap pertumbuhannya, untuk memastikan si kecil tumbuh maksimal maka diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. 

Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu;

  • S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. 
  • S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.