universitas desain interioruniversitas desain interior

Desain interior merupakan salah satu fakultas yang saat ini banyak diminati. Terlebih saat ini cukup banyak universitas desain interior terbaik bisa Anda pilih jika berminat untuk mendalaminya. Salah satunya seperti universitas Maranatha, Bandung yang menyediakan fakultas tersebut.

Bagi Anda yang sudah memantapkan diri untuk memilih fakultas tersebut, berikut ini kami akan coba membahas terkait fakultas yang satu ini kepada Anda. Jadi, simak artikel ini hingga selesai. Pasalnya di sini kami akan jelaskan terkait fakultas tersebut kepada Anda.

Siapa yang Cocok Memilih Fakultas Desain Interior?

Fakultas yang desain interior sangat cocok sekali untuk Anda yang menyukai desain. Untuk mengambil fakultas ini, maka diharuskan menjalani perkuliahan di bidang arsitek dengan jurusan desain interior terlebih dahulu.

Di lain sisi, fakultas ini juga cocok untuk Anda yang mempelajari bidang desain interior secara otodidak atau memiliki minat di bidang terkait.

universitas desain interior

Desain interior sendiri merupakan sebuah disiplin ilmu yang khusus mempelajari perencanaan tata letak dan juga konsep perancangan ruang dalam. Bidang tersebut berkaitan dengan tata letak dan perencanaan ruang di dalam sebuah bangunan.

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Desain Interior

Sebelum terjun di bidang ini, pastikan Anda mengenalnya lebih dalam. Nah, di paragraf ini kami akan coba membahasnya secara mendalam agar Anda bisa memahaminya lebih detail.

Bidang yang satu ini erat kaitannya dengan seni dan juga estetika. Pernyataan tersebut didukung oleh situs Dailyinfographic. Orang yang bergelut di bidang desain interior haru percaya diri, kreatif, dan juga mampu berkomunikasi dengan baik.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan organisasi yang baik dan juga mudah beradaptasi.

Kurikulum Fakultas Desain Interior

Fakultas yang satu ini punya beberapa kurikulum yang nantinya harus Anda pelajari. Berikut ini kami sudah merangkum apa saja kurikulum di jurusan desain interior:

  • Pengetahuan seni (estetika, menggambar, sejarah desain)
  • Pengetahuan desain (prinsip ruang, faktor manusia dalam desain, psikologi persepsi, elemen, psikologi lingkungan)
  • Praktek desain interior
  • Pengetahuan pendukung (fisika bangunan, teknologi bangunan, dan lainnya)

Kelebihan Kuliah Desain Interior

Fakultas yang satu ini juga punya banyak kelebihan. Berikut akan kami jelaskan apa saja kelebihan-kelebihannya:

1.  Tingkat Persaingan Kecil

Setelah lulus nanti, kemungkinan Anda tidak akan kesulitan untuk mencari pekerjaan di bidang terkait. Karena bidang yang satu ini tergolong masih jarang sekali. Bahkan tidak banyak kampus yang memiliki fakultas yang satu ini.

2.  Peluang Membuka Jasa Semakin lebar

Karena tergolong langka, Anda juga bisa membuka layanan sendiri tanpa harus bekerja di perusahaan lain. Anda bisa membuka jasa desain interior sendiri dengan menawarkan layanan milik Anda.

3.  Banyak Pilihan Pekerjaan

Bidang desain interior juga punya beberapa bidang yang tergolong cukup beragam. Adapun bidang-bidangnya mulai dari perancang desain interior, konsultan interior, dan beberapa bidang lain yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat masing-masing.

Rekomendasi Universitas Desain Interior

Seperti yang kami jelaskan di atas, tidak banyak universitas yang menyediakan fakultas ini. Namun ada salah satu universitas berkelas yang menyediakannya, yaitu Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Program studi desain interior di Maranatha sudah didirikan mulai dari tahun 2004 dengan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nilai mutu B.

Maranatha sendiri menekankan pada aspek fundamental dalam teori dan juga praktik yang membentuk setiap sarjana desain interior mampu menjadi seorang wirausahawan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui terkait universitas desain interior dan juga apa saja kelebihan setelah lulus di bidang terkait. Semoga bermanfaat.

By Bisnis