Dancow ParentingDancow Parenting

Pola asuh menjadi hal yang penting untuk membangun karakter anak. Jika menginginkan karakter anak yang hebat, pola asuh yang tepat harus dilakukan sedari dini. Namun mengasuh anak bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda adalah orang tua muda yang baru pertama memiliki anak. Oleh sebab itu, Nestle Dancow menghadirkan Dancow Parenting yang berisi informasi mengenai pola asuh yang tepat. Ada empat macam pola asuh yang perlu Anda ketahui yaitu:

Pola Asuh Permisif

Pola asuh permisif merupakan pola asuh yang identik dengan memanjakan anak atau memperbolehkan segala hal pada anak. Orang tua bisa menjadi teman karena memberikan perhatian, interaksi, kasih sayang, dan kehangatan. Tidak ada batasan sehingga orang tua jarang mendisiplinkan. Biasanya anak dengan pola asuh ini memiliki kreativitas tanpa batas namun menjadi tidak terbiasa dengan adanya batasan.

Dancow Parenting

Pola Asuh Otoriter

Pola asuh otoriter berbanding terbalik dengan permisif. Pola asuh ini menjadikan orang tua otoriter dan dominan. Ciri-cirinya yaitu tegas, kaku, dan menerapkan hukuman apabila melanggar aturan. Pola asuh otoriter bisa membuat anak patuh dan disiplin namun anak menjadi tidak bisa mengungkapkan pendapat. Anak juga bisa menjadi otoriter sehingga hubungan dengan orang lain kurang baik.

Pola Asuh Demokratis

Berdasarkan penelitian, pola asuh yang dianggap paling baik adalah pola asuh demokratis. Pola asuh ini juga sering dikatakan sebagai gabungan antara pola asuh permisif dan otoriter. Pemberian batasan dan konsekuensi yang konsisten merupakan ciri khasnya. Namun tujuan tersebut tetap akan dijelaskan kepada anak. Jadi komunikasi antara anak dan orang tua berjalan dengan baik.

Pola Asuh Cuek

Pola asuh cuek adalah pola asuh yang wajib dihindari oleh semua orang tua. Pada pola asuh ini, orang tua biasanya hanya memenuhi kebutuhan fisik seperti makan, pakaian, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Kebutuhan lain yang juga penting seperti emosional dan psikologis tidak terpenuhi karena orang tua yang cuek dan kurang komunikasi dengan anak.

Itulah macam-macam pola asuh atau parenting yang biasa diterapkan oleh orang tua kepada anaknya. Melalui Dancow Parenting, Anda bisa belajar mengenai pola asuh yang tepat bagi Si Kecil. Sebagai contoh yaitu cara mengasuh anak untuk mandiri, percaya diri, memiliki empati, dan lain sebagainya. Semuanya bisa Anda dapatkan dengan mengakses website Nestle Dancow yaitu www.dancow.co.id. Selain itu, pastikan juga bisa Si Kecil mengonsumsi susu Dancow sesuai tahapan usianya.

By Bisnis