kue beras tteokbokki

Korean Wave atau gelombang Korea adalah istilah yang menggambarkan bagaimana masyarakat dunia meningkatkan minat mereka terhadap kesenian pop maupun tradisional yang berasal dari negeri ginseng tersebut. Korean Wave sendiri juga sering disebut sebagai Hallyu.

Fenomena ini berkembang di Indonesia dengan sangat cepat melalui berbagai media seperti musik atau drama. Anda mungkin menjadi salah satu penonton drama Winter Sonata yang susah move on dan memiliki keinginan besar datang ke Pulau Nami. Sebuah pulau dimana drama tersebut dibuat.

Selain itu, ada juga beberapa grup boyband seperti BTS, BigBang, Blackpink, serta SNSD. Usia para penggemar mereka sangat variatif, mulai dari anak sekolahan sampai ibu-ibu. Kegemaran masyarakat terhadap hal-hal berbau Korea memang sangat besar.

Saat ini, Hallyu sendiri tidak hanya terpusat pada drama atau musik saja, tapi sudah merembet ke makanan, skincare, teknologi, make up, dan juga webtoon (komik online). Anda pasti tahu, kalau dunia manga dulunya dikuasai oleh Jepang. Namun lambat laun, Korea mulai meringsek masuk dan menemukan penikmatnya tersendiri yang terhitung banyak.

Nah, berdasar beberapa fakta tersebut, menjual hal-hal yang ada kaitannya dengan Korea bisa menjadi ladang usaha yang menjanjikan. Anda boleh mencoba untuk cara daftar jualan online di marketplace seperti Blibli misalnya. Memang, marketplace menjadi salah satu tempat yang nyaman dan aman dalam membangun bisnis.

Jadi, produk-produk Korea apa saja yang bisa mulai a=Anda jual untuk menghasilkan cuan? Simak beberapa rekomendasinya di bawah ini ya.

  1. Jastip Skincare

Melihat bagaimana aktris serta aktor Korea yang sering muncul di layar kaca memiliki kulit yang mulus, bersih, tanpa noda, banyak orang mulai bermimpi untuk memilikinya juga. Hal itu membuat para fans sengaja mencari informasi tentang beragam skincare yang berasal dari negeri tersebut.

Beberapa brand skincare Korea yang cukup populer di Indonesia antara lain COSRX, Benton, Laneige, Innisfree, Some By Me, The Face Shop, dan Nature Republic. Meski berasal dari luar, harga-harga dari produk tersebut sebetulnya masih cukup terjangkau loh. Terutama bila didapatkan dari jastip.

Banyak penjual jastip Skincare yang sebetulnya berawal dari iseng, tapi malah keterusan karena ternyata cukup menguntungkan.

  1. Makanan Khas Korea
kue beras tteokbokki

Ada banyak makanan khas yang ditampilkan di setiap drama Korea. Beberapa yang terkenal adalah kue beras tteokbokki, fish cake atau eomuk, kimchi, mandu (dimsum versi Korea), gochujang (saus pedas khas Korea), ramyeon (mie instan khas Korea), jajangmyeon (black noodles khas korea), susu pisang, dan juga capjhae.

Anda bisa menyetok barang dengan cara impor melalui distributor ataupun mencoba untuk membuatnya sendiri. Cukup cari resepnya dan uji coba di dapur. Anda mungkin bisa berinovasi untuk menambah cita rasa Indonesia dalam kreasi makanan yang dibuat.

Memang, tidak semua makanan khas tersebut cocok bagi lidah orang Indonesia. Tapi jangan salah, banyak juga loh kudapan Korea yang bahan dasarnya universal, seperti Onion Bread atau Corn Dog, dan juga Croffle. Snack santai tersebut masuk ke Indonesia karena pengaruh Hallyu juga loh.

Untuk masalah penjualan, ada beberapa pilihan yang cukup menarik. Anda boleh melakukan penjualan melalui sosial media, atau pun aplikasi jasa pembelian makanan secara online

  1. Merchandise K-Pop

Penggemar K-Pop rata-rata sangat fanatik dan setia terhadap idola mereka. Hal tersebut karena didukung oleh fandom yang memang diorganisasi dengan baik. Jika Anda jeli, Anda bisa melihat ini sebagai salah satu peluang yang mendulang cuan.

Anda tentu masih ingat bagaimana salah satu restoran siap saji terkenal, merasa kewalahan ketika melakukan kolaborasi dengan BTS dalam produk mereka. Bahkan meski masih dalam masa pandemi, keinginan para penggemar untuk tak ingin ketinggalan memiliki produk tersebut sangat besar.

Kreatifitas masyarakat kita pun perlu diacungi jempol. Ketika promo yang diadakan oleh restoran tersebut usai, ada yang menyimpan serta mengkreasikan bungkus makanan menjadi merchandise menarik dan akhirnya dijual, lalu sukses di pasaran. Hal itu kemudian ditiru oleh orang-orang lain.

Nah, Anda mungkin bisa menjual beberapa benda seperti photocard, boneka, gantungan kunci, serta mug yang menampilkan gambar para idola. Benda-benda menarik lainnya antara lain lightstick, yang berguna menambah keseruan saat menonton konser secara online atau pun offline dan juga kipas tangan.

  1. Translator Bahasa Korea

Hal yang dijual ketika menjadi translator Bahasa Korea adalah jasa, bukan produk. Saking senangnya dengan lagu-lagu berbahasa Korea ataupun dramanya, Anda mungkin jadi tertarik untuk menguasai huruf hangul.

Jika Anda melakukannya dengan serius dan sungguh-sungguh, Anda bisa mencoba untuk berhasil mendapatkan sertifikat yang menyatakan secara terang bahwa Anda adalah ahli. Sebagai seorang yang fasih dengan Bahasa Korea secara lisan maupun tulisan, Anda bisa mendapatkan pekerjaan untuk menerjemahkan buku, drama, dokumen, atau bahkan program televisi.

Biasanya, jenis-jenis pekerjaan ini dilakukan per project. Bila Anda telah selesai dengan satu project, Anda bisa mencoba project lain yang mungkin lebih menantang. Wah, bayangkan betapa asyiknya bisa bekerja berdasarkan hal yang memang kita minati? Sangat menarik bukan?

Itu dia empat inspirasi produk-produk Korea yang bisa dicoba untuk memulai bisnis Anda. Bagaimana? Apakah informasi yang ada di artikel ini membantu Anda?

By Bisnis