pengajuan kartu kreditpengajuan kartu kredit

Apakah Anda sedang berencana untuk memiliki kartu kredit? Tidak ada salahnya untuk memiliki kartu tersebut karena jika digunakan dengan baik dan bijak justru akan memberikan banyak keuntungan. Pengajuan kartu kredit kini jauh lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Anda yang memilih cara ini tidak perlu khawatir atau bingung mengambil kartu fisiknya dimana karena biasanya bank akan mengirimkan ke rumah Anda. 

Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit

Beberapa orang masih ragu untuk menggunakan kartu kredit karena takut tagihan tiba-tiba membengkak. Hal ini tentu dapat dihindari jika Anda bijak dalam menggunakannya. Berikut merupakan beberapa tips aman dalam menggunakan kartu kredit.

Atur Limit Sesuai Kebutuhan

Untuk mencegah pengeluaran yang membengkak maka Anda bisa mengatur limit kartu kredit sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Jika tujuan Anda menggunakan kartu kredit untuk memudahkan dalam membayar cicilan, tagihan bulanan atau belanja maka sebaiknya gunakan limit yang tidak terlalu tinggi.

Pengaturan limit yang sangat tinggi juga akan mengharuskan Anda untuk membayar cicilan yang tinggi pula. Umumnya, pembayaran cicilan tagihan kartu kredit bisa dibayarkan di awal atau di akhir bulan. Nah, agar Anda tidak keberatan dalam membayarnya maka sesuaikan dengan penghasilan dan kebutuhan Anda.

pengajuan kartu kredit

Hindari Melakukan Tarik Tunai

Saat ini, para pengguna kartu kredit bisa melakukan tarik tunai dengan kartu tersebut. Fitur ini tentu sangat membantu ketika Anda kehabisan uang tunai. Namun demikian, sebisa mungkin hindari kegiatan mengambil uang tunai menggunakan layanan kartu kredit agar tidak terkena bunga. Sekali penarikan menggunakan kartu kredit maka Anda akan dikenakan bunga 3,5%– 4%. Setiap bank tentu memiliki kebijakan masing-masing dalam menetapkan bunga sehingga bisa berbeda persentasenya.

Selalu Periksa Tagihan Bulanan

Anda dapat memonitor pengeluaran bulanan dengan rajin melakukan pengecekan. Transaksi menggunakan kartu kredit akan terekam otomatis dan Anda pun bisa melihat informasi secara detail. Hal ini untuk mencegah transaksi “siluman” yaitu transaksi yang tidak pernah Anda lakukan namun masuk pada tagihan kartu kredit Anda. Transaksi yang demikian biasanya terjadi ketika Anda memberikan pin kartu kredit kepada orang lain. Dengan rutin melakukan pengecekan tagihan maka Anda pun dapat mengetahui berapa banyak transaksi yang sudah Anda lakukan.

Tutup Kartu Kredit yang Tidak Dipakai

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki kartu kredit namun jarang atau bahkan tidak pernah menggunakannya maka sebaiknya segera nonaktifkan kartu kredit tersebut. Saat Anda akan menutup kartu kredit lama yang tidak perna digunakan maka pastikan juga Anda sudah bebas dari tagihan. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus dengan satu tagihan kartu kredit saja.

Jangan Dipinjamkan Pada Siapapun

Kartu kredit bersifat pribadi sehingga jangan sampai meminjamkan kartu tersebut kepada siapapun. Hal ini untuk meminimalisir penyalahgunaan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Meminjamkan kartu kredit bisa membawa Anda pada masalah yaitu membengkaknya tagihan bulanan yang harus Anda bayarkan.

Kartu Kredit Indigo

Jika tujuan Anda membuat kartu kredit untuk seru-seruan belanja di e-commerce atau untuk memenuhi kebutuhan harian maka bisa memiliki kartu kredit Indigo. Produk ini dikeluarkan oleh bank Sinarmas yang telah lama berkecimpung dalam bidang perbankan. 

Cara pengajuan bisa dilakukan secara online. Persyaratannya sangat mudah dan sederhana karena Anda cukup menginstal aplikasi Simobi Plus lalu daftarkan diri Anda. Anda pun berkesempatan menikmati tawaran menarik yang diberikan oleh bank Sinarmas.

By Bisnis