Fungsi retinolFungsi retinol

Setiap individu memiliki jenis kulit, sensitivitas, serta permasalahan kulit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pemilihan produk skincare dipertimbangkan berdasarkan ketiga hal tersebut. Hal itu juga berlaku saat Anda akan memilih produk retinol. Apalagi retinol termasuk bahan aktif yang tidak boleh digunakan sembarangan. Berikut ini adalah informasi mengenai fungsi retinol serta tips memilihnya:

Fungsi Produk Retinol

Beberapa fungsi dari retinol yaitu sebagai berikut:

  1. Melawan tanda penuaan yang muncul seiring bertambahnya usia. Beberapa contohnya yaitu menyamarkan kerutan, bintik hitam, dan juga garis halus di kulit wajah. 
  2. Melawan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi bisa menyebabkan munculnya bintik hitam. Biasanya terjadi akibat paparan sinar matahari.
  3. Melawan dan menyamarkan jerawat.

Tips Memilih Produk Retinol

Fungsi retinol

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih produk retinol yaitu:

  1. Baca persentase kandungan pada label

Setiap produk skincare berbahan dasar retinol menggunakan kandungan yang berbeda-beda. Untuk pemula, sebaiknya mulai dengan persentase yang rendah. Persentase retinol pada umumnya yaitu 0,25%, 0,3%, 0,5%, dan 1%. Jika sudah terbiasa dengan kandungan ini, Anda bisa meningkatkan persentase kandungannya secara bertahap. Meskipun begitu, persentase retinol juga harus disesuaikan dengan frekuensi pemakaian.

  1. Pertimbangkan jenis produk

Setelah mengetahui persentase kandungan retinol, selanjutnya Anda perlu memeprtimbangkan jenis produk. Retinol sendiri bisa hadir dalam bentuk serum, krim, dan lain sebagainya. Pertimbangkan jenis produk dan sesuaikan dengan jenis kulit Anda. Pemilik kulit berjerawat cocok memilih skincare gel yang membantu melawan jerawat. Sedangkan pemilik kulit kering cocok menggunakan krim yang lebih lembut dan oily.

  1. Hindari bahan serupa

Lihat label kemasan untuk mengetahui kandungan produk. Sebaiknya pilih produk dengan kandungan retinol, bukan bahan serupa. Beberapa contoh turunan retinol yaitu retinyl propionate dan pro-retinol. Retinol bekerja efektif dalam membantu menyamarkan tanda penuaan.

Itulah informasi mengenai fungsi retinol dan tips memilihnya. Salah satu produk retinol yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Kiehl’s Retinol Skin-Renewing Daily Microdose Serum. Produk dari Kiehl’s ini mengandung retinol, peptide, dan juga ceramides. Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk berbagai jenis kulit. Akan tetapi sebelum menggunakannya Anda harus membaca cara penggunaan dan peringatan. Informasi lain mengenai produk dari Kiehl’s ini bisa dilihat di www.kiehls.co.id

By Bisnis