nutrisi untuk anak kucingnutrisi untuk anak kucing

Nutrisi merupakan zat yang didapatkan dari makanan yang nantinya akan digunakan oleh anak kucing sebagai sumber energi serta menjadi bagian dari sistem metabolisme yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Lantas jenis nutrisi untuk anak kucing apa saja yang perlu dipersiapkan? 

Biasanya anak kucing disapih dari susu induknya di usia sekitar 8 minggu serta tergantung dari pemilik hewan peliharaan tersebut untuk pemenuhan nutrisinya. Anak kucing yang memperoleh cukup nutrisi pada makanannya bisa mencapai pertumbuhan yang optimal, fungsi kekebalannya bisa berkembang sempurna dan juga meminimalkan potensi obesitas.

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh anak kucing diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Lebih banyak protein, kalori, dan juga lemak daripada makanan kucing dewasa untuk bisa memenuhi kebutuhan tubuh yang sedang tumbuh.
  2. Asam lemak omega DHA, yang menjadi salah satu nutrisi penting untuk perkembangan otak serta penglihatan pada anak kucing.
  3. Vitamin dan juga mineral termasuk vitamin E, dan selenium, merupakan jenis antioksidan bermanfaat yang akan membantu mengembangkan sistem kekebalan pada anak kucing.
  4. Membutuhkan rasio kalsium terhadap fosfor yang optimal untuk pertumbuhan tulangnya.
nutrisi untuk anak kucing
nutrisi untuk anak kucing

Lalu, Bagaimana Tahapan Pemberian Nutrisi Anak Kucing?

Untuk bulan pertama kehidupan kucing, makanan yang diperlukan adalah susu induknya ataupun susu formula khusus yang dapat diberikan setiap 2-4 jam apabila anak kucing sudah dipisahkan dari induknya. Setelah periode awal tersebut berlalu, makanan anak kucing bisa menjadi makanan pokok dalam tahapan, jumlah, dan juga frekuensi berikut:

  • Dari usia 3-5 minggu

Anak kucing tanpa induk perlu diberi susu formula khusus sebagai pengganti. Anda juga bisa menambahkan makanan yang lembab serta mudah dikunyah yang terdiri dari campuran susu formula hangat dan juga makanan kalengan atau kering yang berkualitas tinggi untuk anak kucing.

  • Di usia 5-8 minggu

Anak kucing sudah bisa mengunyah makanannya sendiri, dan Anda harus memberikan makanan yang kaya protein dan juga energi 3-4 kali sehari. 

Asupan nutrisi untuk anak kucing yang tepat bisa Anda dapatkan dari makanan kucing sehat dan bernutrisi dari Royal Canin. Ada berbagai kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya, mulai dari antioksidan, serat, vitamin, prebiotik serta mineral alami.

By Bisnis