Tabunganku

Setiap orang pasti memiliki impian untuk memiliki masa depan yang lebih baik serta bisa santai menikmati masa tua. Supaya keinginan ini bisa terlaksana maka Anda harus pandai dalam mengelola finansial. Anda bisa mulai membuka rekening Tabunganku miliki bank Sinarmas untuk membantu finansial yang lebih sehat.

5 Langkah Mengatur Keuangan

Kondisi finansial yang tidak sehat bisa menyebabkan banyak masalah dalam kehidupan. Silahkan ikuti tips di bawah ini agar dapat mengelola finansial.

Hidup Hemat dan Sederhana

Bagi Anda yang masih belum memiliki penghasilan lebih sebaiknya membiasakan diri untuk hidup hemat dan sederhana. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk tetap bisa menabung meskipun penghasilan sedikit.

Hidup hemat dan sederhana berbeda dengan pelit karena Anda masih memprioritaskan kebutuhan Anda. Dalam hal ini Anda hanya dituntut lebih bijak dalam membelanjakan uang. Sebaiknya hindari membeli sesuai yang tidak diperlukan hanya karena ada tawaran diskon atau promo menarik lainnya.

Mencatat Pengeluaran

Agar lebih mudah memantau keuangan selama satu bulan maka Anda perlu mencatat semua pengeluaran tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui pengeluaran apa yang paling banyak menyedot anggaran Anda. Dengan demikian, Anda pun lebih mudah untuk mendapatkan solusi yang tepat. 

Catatan pengeluaran bulanan ini juga bisa Anda gunakan untuk memeriksa pengeluaran yang Anda keluarkan setiap bulan. Jika pengeluaran setiap bulan konsisten atau tidak jauh berbeda maka kemungkinan Anda tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting.

Hindari Berhutang

Jika ingin memiliki finansial yang sehat maka jangan membiasakan untuk berhutang, apalagi jika hutang tersebut untuk kebutuhan konsumtif. Anda boleh melakukan hutang jika hanya memang dalam kondisi terdesak. Selain itu, pastikan jumlah uang yang Anda pinjam juga tidak melebih kemampuan Anda membayarnya. 

Supaya tidak terjerat dalam kubangan utang sebaiknya Anda memahami dengan cermat tentang pinjaman tersebut. Jika bunga pinjaman yang diberikan sangat tinggi sebaiknya Anda mencari pinjaman lain. Suku bunga yang tinggi akan membuat Anda kesulitan untuk melunasinya.

Membuat Skala Prioritas

Anda juga perlu untuk membuat skala prioritas tentang apa saja yang Anda butuhkan. Susun semua daftar kebutuhan mulai dari yang paling penting hingga yang tidak terlalu penting. Pastikan juga Anda memenuhi kebutuhan tersebut mulai dari urutan paling atas.

Cara sederhana ini cukup efektif dalam mengatur keuangan karena bisa menghindarkan Anda dari pengeluaran yang tidak perlu. Anda juga bisa menyeleksi lagi apa-apa yang sekiranya tidak perlu dalam daftar prioritas tersebut.

Tentukan Target Masa Depan

Agar pengelolaan keuangan Anda bisa lebih terarah maka Anda pun perlu untuk menentukan target. Misalkan, Anda ingin membeli mobil baru dalam waktu dua tahun kedepan maka Anda pun akan lebih giat dan konsisten dalam mengumpulkan uang. Menentukan target masa depan akan membuat Anda semakin fokus serta bisa terlaksana sesuai harapan.

Menabung di Bank Sinarmas

Menabung juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengelola finansial. Supaya uang tabungan tidak ikut terpakai untuk konsumsi sehari-hari sebaik buka rekening khusus untuk tabungan.

Anda bisa memilih produk Tabunganku dari bank Sinarmas karena tidak perlu membayar biaya administrasi setiap bulannya. Produk ini juga memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin menabung karena setoran awal hanya Rp.20.000 saja.

Selain itu, pihak bank juga memberikan tawaran bunga kompetitif sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari menabung. Dokumen yang diperlukan untuk membuka rekening yaitu fotocopy KTM dan NPWP.

By Bisnis