alat deteksi logamalat deteksi logam

Saat ini, penggunaan alat untuk mendeteksi logam atau alat deteksi logam sudah semakin populer. Selain untuk tujuan profesional atau profesi, biasanya juga digunakan untuk sekedar hobi. Bahkan saat ini sudah tidak sulit untuk menemukannya karena alat ini sudah tersedia di pasaran.

Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda terkait fungsi dan juga tips memilih detektor logam yang baik dan benar, khususnya untuk Anda yang ingin memiliki sebuah detektor yang bagus dan berkualitas jempolan.

Fungsi Detektor Logam

Sesuai dengan namanya, detector ini merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi logam. Adapun jenis logamnya mulai dari metal, perak, besi, hingga emas. Alat ini bisa membantu mempermudah proses pendeteksian dengan alat yang kini sudah semakin canggih.

Detektor biasanya berfungsi untuk mencari metal maupun logam mulia yang terpendam atau terkubur di dalam tanah. Selain itu, beberapa detector juga bisa digunakan untuk mendeteksi logam yang terkubur di dalam pasir maupun yang ada di pantai.

Kemampuan pendeteksiannya tergantung dari frekuensi masing-masing alat. Semakin kuat frekuensi yang digunakannya, maka semakin kuat juga proses pendeteksiannya. Kedalaman pencarian pun bisa menjadi lebih optimal ketika frekuensi yang melengkapinya tergolong bagus.

Tips Memilih Detektor Logam

alat deteksi logam
alat deteksi logam

Jika Anda ingin memilikinya, berikut ini kami punya beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan agar bisa mendapatkan produk yang berkualitas bagus dan bisa mendeteksi logam secara mudah dan optimal.

  1. Memperhatikan Anggaran

Saat ini detektor logam yang ada di pasaran ditawarkan mulai dari harga jutaan hingga ratusan juta rupiah. Semakin bagus spesifikasi dan juga semakin lengkap fiturnya, maka harganya pun semakin tinggi.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah, pastikan alat yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk yang sekedar hobi, peralatan yang berada pada kisaran jutaan atau puluhan juta saja sudah ideal.

Sedangkan untuk kebutuhan profesional seperti perusahaan tambang, sebaiknya pilih alat yang lebih canggih dan juga berkualitas tinggi. Tujuannya agar proses pendeteksian akurat dan cepat.

  1. Perhatikan Spesifikasi Detektor

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat membeli detektor yaitu melihat dari kualitas frekuensinya. Ketahui frekuensi minimum yang ideal untuk mendeteksi logam. Pastikan Anda memilih alat dengan spesifikasi minimum di atas 15 kHz.

Cek juga kualitas detektor tersebut, pastikan alat tersebut bisa menangani mineralisasi tinggi. Karena seperti yang Anda ketahui, logam emas biasanya sering ditemukan pada tanah yang mengandung mineralisasi tingkat yang tinggi.

Bagi Anda yang punya budget terbatas, alat dengan spesifikasi standar, yaitu 15 kHz pun sudah cukup untuk sekedar hobi.

  1. Sesuaikan dengan Lokasi Hunting

Ketahui kebiasaan Anda saat hunting atau berburu logam. Cocokkan alat yang Anda gunakan dengan lokasi tempat Anda mencari logam. Jika Anda biasa menggunakannya di pantai, pilihlah alat yang memiliki kualitas frekuensi yang bagus dan bisa mendeteksi logam di pantai.

Selain itu, pilih juga alat yang memang kompeten untuk digunakan di tanah yang lembab atau sedikit berair. Dengan begitu, kamu bisa menelusuri logam hingga ke sungai-sungai yang lembab dan berair.

  1. Riset Merek Detektor yang Kompeten

Saat ini ada cukup banyak merek detektor logam yang bisa Anda pilih. Carilah merek yang kompeten dan kredibel. Salah satu merek terbaik yang kami rekomendasikan yaitu detektor logam dari Minelab.

Minelab merupakan merek detektor logam yang memiliki banyak varian. Sebut saja salah satunya varian GPZ 7000 yang punya sensitivitas bagus sehingga mudah mendeteksi logam.

Demikian informasi seputar fungsi dan juga tips memilih alat deteksi logam yang bagus untuk kebutuhan Anda. Tertarik untuk memilikinya?

By Bisnis