bayar BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan yang ditawarkan pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Adanya BPJS Kesehatan membuat Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya rumah sakit ketika keluarga ada yang sakit. Namun agar keanggotaan bisa digunakan kapan saja, Anda harus selalu bayar BPJS Kesehatan tepat waktu. Sekarang melakukan pembayaran BPJS Kesehatan semakin mudah. Sebelum mengetahui cara bayarnya, ketahui manfaat BPJS Kesehatan berikut ini:

Hampir Semua Penyakit Ditanggung

BPJS Kesehatan hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Hampir semua penyakit ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Setidaknya terdapat kurang lebih 155 penyakit yang ditanggung, termasuk penyakit berat. Contoh penyakit berat yang ditanggung BPJS Kesehatan yaitu kanker, asma, jantung, stroke, diabetes melitus, katarak, dan lain sebagainya. Selain itu, ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat BPJS misalnya biaya melahirkan caesar gratis berdasarkan rekomendasi dokter.

bayar BPJS Kesehatan

Iuran Terjangkau

Selain asuransi dari pemerintah, ada juga asuransi kesehatan swasta. Namun BPJS Kesehatan ini cocok untuk semua lini masyarakat karena iuran terjangkau. Iurannya dibagi menjadi tiga kelas sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan. Bahkan ada BPJS Kesehatan gratis yang diberikan untuk orang-orang kurang mampu.

Tidak Perlu Medical Check-Up

Asuransi swasta mengharuskan calon anggota untuk melakukan medical check-up terlebih dahulu sebelum mendaftar kepesertaannya. Tujuan medical check-up yaitu untuk memeriksa apakah ada penyakit atau kondisi yang sudah ada sejak sebelumnya (pre-existing condition). Hasil dari pemeriksaan digunakan untuk menentukan premi. 

Sementara BPJS Kesehatan tidak membutuhkan medical check-up. Nilai premi setiap kelas sama untuk semua anggota yang mendaftar. Kelas paling tinggi adalah kelas 1, kemudian kelas 2, dan terakhir kelas 3. Jika ingin mendapatkan kelas yang paling tinggi, maka Anda harus mendaftar keanggotaan kelas 1. 

Sistem yang digunakan pada BPJS Kesehatan ini menggunakan konsep gotong royong. Bukan hanya penyakit yang mungkin sudah ada sebelumnya, namun juga memberikan jaminan perawatan untuk penyakit berat.

Berhak Mendapatkan Pelayanan Kesehatan

Setiap anggota atau peserta BPJS Kesehatan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan sama seperti yang tidak mendaftar peserta BPJS Kesehatan. Contohnya yaitu mendapatkan manfaat Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (PKTP), Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP), Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP), Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL), dan Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL).

Aktif Seumur Hidup

Manfaat membayar tagihan BPJS Kesehatan secara rutin yaitu keanggotaan aktif seumur hidup. Hal terpenting yaitu Anda tidak boleh telat melakukan pembayaran. Apabila telat membayar maka keanggotaan bisa dinonaktifkan dan Anda tidak bisa menggunakannya saat dibutuhkan. Anda harus membayar tagihan dan denda untuk mengaktifkannya kembali. Besar denda yaitu 5% dari total biaya rumah sakit.

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan di Bank Sinarmas

Sekarang bayar iuran menjadi sangat mudah dengan adanya layanan pembayaran online. Salah satu layanan yang bisa digunakan untuk pembayaran BPJS Kesehatan adalah SimobiPlus. SimobiPlus sendiri merupakan aplikasi mobile banking dari Bank Sinarmas. Semua nasabah bisa menggunakannya kapan saja dan di mana saja.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa diikuti untuk melakukan pembayaran melalui SimobiPlus:

  • Masuk ke aplikasi, lalu pilih bagian “See All”.
  • Pilih menu “Pay/Top Up”.
  • Pilih “Tagihan/Biller BPJS Kesehatan”.
  • Masukkan nomor keanggotaan BPJS Kesehatan. 
  • Pilih berapa jumlah bulan yang akan dibayarkan.
  • Pilih rekening sumber dana.
  • Konfirmasi jumlah pembayaran.
  • Jika sudah benar, masukkan EasyPIN.
  • Selesai. Akan ada notifikasi bahwa pembayaran berhasil.

Itulah pembahasan mengenai alasan mengapa Anda harus bayar BPJS Kesehatan tepat waktu. Jika Anda melakukan pembayaran tepat waktu, maka Anda bisa menggunakan fasilitasnya kapan saja. Apalagi pembayaran semakin mudah dengan adanya SimobiPlus. Informasi lebih lengkap mengenai pembayaran BPJS Kesehatan bisa Anda lihat langsung di website www.banksinarmas.com

By Bisnis