Kini tren jual online semakin diminati banyak orang. Terlebih ada berbagai platform e-commerce di Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk jualan online, salah satunya Blibli. Sebagai informasi, Blibli merupakan platform e-commerce yang diluncurkan pada tahun 2011 oleh PT Global Digital Niaga (GDN).

Hingga saat ini, Blibli telah berhasil masuk dalam jajaran e-commerce terpopuler di Indonesia. Dengan jualan online di Blibli, Anda bisa menghemat biaya dan menekan modal karena tidak usah bayar sewa toko dan listrik. Bahkan, jika Anda ingin memasang iklan, biaya yang dibutuhkan cukup terjangkau.

Keuntungan inilah yang dimanfaatkan banyak orang untuk jualan online di Blibli. Lantas, bagaimana cara jualan di Blibli agar laris manis?

Cara Jualan Online di Blibli

Pada dasarnya, jualan online di Blibli tidaklah sulit. Bahkan, Anda langsung bisa melakukan transaksi jual-beli online dalam hitungan menit saja, lho. Berikut cara jualan online di Blibli dengan mudah:

1. Siapkan Informasi Seller

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk jualan online di Blibli adalah informasi tentang seller. Informasi ini mencangkup nama, email aktif, password, nomor handphone, hingga nama toko online yang ingin Anda daftarkan.

2. Masukkan Nomor Telepon

Selanjutnya Anda harus memasukkan nomor telepon, apakah itu nomor perusahaan atau pribadi. Untuk seller perorangan, gunakan nomor telepon pribadi. Sedangkan untuk seller perusahaan, gunakan nomor telepon penanggung jawab. Pastikan nomor telepon yang didaftarkan aktif dan sesuai sehingga verifikasi yang dilakukan lebih mudah dengan pengiriman kode ke nomor telepon.

3. Lengkapi Informasi Penjualan

Cara jualan online di Blibli yang tak kalah pentingnya adalah melengkapi informasi penjualan. Minimal ada tiga informasi yang perlu Anda lengkapi, yaitu pertama informasi tentang toko. Kedua, informasi tentang pembayaran dan masalah legalitas, dan ketika upload produk yang ingin Anda jual.

4. Persiapkan Dokumen Seller

Cara jualan online di Blibli berikutnya adalah persiapkan dokumen dan berkas-berkas yang diperlukan. Anda juga harus persiapkan dokumen berupa nomor rekening yang valid. Untuk seller perorangan, Anda wajib siapkan KTP dan NPWP. Apabila tidak memiliki NPWP, cukup isi kolom dengan nomor dan foto KTP untuk sementara. Untuk seller perusahaan, siapkan KTP direksi, NPWP perusahaan, Akta Perubahan, TDP, SIUP, Akta Pendirian + SK Menkeh, dan Surat Domisili.

Keuntungan Jualan Online di Blibli

Ada banyak keuntungan jualan online di Blibli yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah kemudahan dalam berjualan. Tak hanya itu, masih banyak lagi keuntungan yang ditawarkan oleh Blibli. Berikut deretannya.

1. Mudah

Keuntungan jualan online di Blibli yang pertama adalah mudah diakses. Sebab, seluruh proses pendaftaran bisa Anda lakukan secara online. Anda bisa daftar langsung melalui situs web atau aplikasi Blibli. Selain itu, Anda juga mudah mencari informasi tentang jualan online di Blibli. Hal ini karena, Blibli secara berkala memberikan edukasi kepada seller.

2. Gratis

Jualan online di Blibli juga gratis sehingga Anda tak perlu khawatir dikenakan biaya administrasi, karena seluruh proses pendaftaran di Blibli gratis. Anda tidak akan dikenakan biaya admin atau deposito. Terlebih, hasil jualan online juga akan menjadi milik Anda seutuhnya tanpa potongan apapun.

3. Tepercaya

Keuntungan jualan online di Blibli selanjutnya adalah tepercaya. Anda akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan customer karena kita sendiri akan lebih memilih berbelanja di e-commerce yang memiliki popularitas tinggi dibandingkan situs pribadi yang jarang didengar.

4. Efisien

Blibli memiliki beberapa fitur yang bekerja otomatis sehingga Anda tidak perlu repot mengeceknya. Fitur otomatisnya, yaitu verifikasi pembayaran dan hitung ongkos kirim. Melalui fitur ini Anda tak perlu terus-menerus mengecek uang masuk ke rekening. Hal ini karena pesanan hanya Anda terima jika pembayaran sudah dilakukan oleh pembeli dan terverifikasi oleh sistem Blibli.

Anda juga tak perlu menghitung satu per satu ongkos kirim di setiap pesanan. Sebab, sistem Blibli terhubung langsung dengan kurir yang Anda pilih dan pembeli.

5. Menyediakan Foto Produk Gratis

Foto produk yang bagus dan jelas tentu menjadi hal yang penting saat jualan online agar memberikan gambaran pada calon pembeli. Jika Anda belum memiliki foto produk, jangan khawatir karena Blibli menyediakan foto produk gratis. Proses fotonya dilakukan oleh fotografer profesional dan menariknya bisa menggunakan fashion model bila dibutuhkan.

Anda cukup mengirimkan produk yang akan dijual ke kantor Blibli Jakarta. Nanti hasil foto produk Anda akan dikirim oleh bagian Business Representative Blibli.com. Namun, hasil foto produk yang dibuat oleh Blibli tidak boleh digunakan di media lain baik offline maupun online ya.

6. Mendapatkan Promosi secara Gratis

Tak hanya foto produk gratis, tetapi Blibli menyediakan fitur promo Merchant untuk memudahkan Anda mempromosikan jualan online. Ada beberapa jenis promosi gratis yang ditawarkan, yaitu Promo Discount, Promo Voucher, Promo Combo, dan Promo Grosir. Blibli juga memiliki fitur QR Code untuk mempromosikan toko dan produk jualan online Anda sehingga bisa disebarkan di media sosial maupun offline.

Itulah cara jualan online dan keuntungan jualan di Blibli. Tunggu apalagi? Yuk, kembangkan bisnis Anda dan raih banyak penjualan hanya di Blibli!

By Bisnis