college in indonesiacollege in indonesia

Disadari atau tidak, ilmu hukum merupakan salah satu jurusan kuliah yang keren dan banyak diminati oleh para calon mahasiswa di dalam negeri ini. Tentunya ada banyak sekali college in Indonesia ini, yang menyediakan pilihan jurusan yang satu ini, termasuk salah satunya Universitas Indonesia (UI).

Tentunya ada banyak sekali alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk menimba ilmu di fakultas hukum ini, termasuk salah satunya adalah prospek kerjanya yang sangat menjanjikan, dengan kisaran gaji yang terbilang lebih dari kata lumayan. 

Mengenal Tentang Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum merupakan salah satu jurusan yang mempelajari mengenai sistem hukum yang tengah berlaku saat ini. Isi materi pembelajarannya sendiri, selalu tidak akan terlepas dari perundang-undangan, mempelajari hukum-hukum dasar hingga hukum internasional. 

Selain mempelajari dengan berbagai teori mengenai hukum, para mahasiswa ilmu hukum ini juga akan dilibatkan dalam pengkajian serta pendalaman mengenai beberapa kasus hukum yang sedang hangat belakangan ini. Tidak hanya kasus hukum di dalam negeri, bahkan juga akan menganalisis kasus hukum yang sedang terjadi di luar negeri, sebagai salah satu bentuk pembahasannya. 

Mata kuliah yang dipelajari di ilmu hukum ini juga sangatlah beragam, sehingga tidak heran untuk prospek pekerjaan yang bisa didapatkan nantinya juga akan banyak pilihan. Menariknya, kisaran gaji dari seorang lulusan ilmu hukum ini, selalu berada di kisaran gaji UMR hingga bisa mencapai ratusan juta dari setiap bulannya. 

college in indonesia
college in indonesia

Prospek Kerja Dari Lulusan Hukum yang Bisa Dipilih 

Adapun berbagai prospek pekerjaan yang bisa menjadi pilihan bagi lulusan ilmu hukum di college in Indonesia ini, bisa Anda simak sebagai berikut: 

  • Pengacara

Profesi sebagai pengacara ini mempunyai peran serta tanggung jawab untuk mewakili kliennya dalam menghadapi permasalahan hukum yang sedang menimpanya. 

Untuk besaran bayaran atau gaji yang bisa diterima oleh pengacara ini tergantung dari beratnya kasus yang dihadapi atau seberapa pentingnya klien yang ia tangani. Sebagai gambaran saja, nominal bayaran seorang pengacara ini bisa dimulai dari Rp5 Juta sampai tak terhingga. 

  • Jaksa

Seorang jaksa ini memiliki peran dan tanggung jawab yang cukup penting dalam sebuah persidangan. Salah satu tugasnya sendiri adalah dengan mengumpulkan beberapa bukti yang bisa memberatkan tersangka, agar bisa diadili dengan semestinya. 

Untuk besaran gajinya sendiri ada di kisaran gaji UMR setempat sampai Rp15 juta perbulan.

  • Hakim

Selanjutnya, kamu bisa memilih profesi sebagai hakim bila sudah lulus kuliah nanti. Dan untuk menjadi seorang hakim ini, maka kamu harus menyelesaikan proses yang cukup ketat dan tidak sembarang orang bisa menjadi seorang hakim ini. Tugasnya yang cukup vital dalam persidangan, membuat profesi hakim ini menjadi banyak disegani oleh orang-orang. 

  • Notaris

Terakhir, prospek pekerjaan yang menjanjikan dari seorang lulusan ilmu hukum ini adalah menjadi seorang Notaris. Sebagai seorang Notaris atau PPAT ini, memiliki tugas atau peranan untuk membuat beberapa data otentik tergantung dari permintaan para kliennya. 

Namun untuk menjadi seorang Notaris ini, kamu harus melanjutkan studi dulu ke jenjang S2 nya terlebih dahulu. 

Itulah gambaran sedikit mengenai jurusan ilmu hukum beserta prospek pekerjaan apa yang bisa kamu dapatkan bila sudah lulus dari college in Indonesia ini.  

Bila kamu masih mencari tempat berkuliah yang bisa membuat kamu menjadi seorang praktisi hukum yang handal, maka sebagai saran dari kami pilih saja yang sudah pasti, yakni di Universitas Indonesia (UI) saja. 

Semoga bermanfaat!

By Bisnis