Kalung Berlian BerbedaKalung Berlian Berbeda

Perlu Anda ketahui, setiap perhiasan khususnya perhiasan berlian memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung jenis berlian yang digunakan. Sama halnya dengan kalung berlian berbeda kualitas yang membuat orang terkadang bingung memilih kalung yang diinginkan.

Bagi Anda yang akan membeli kalung berlian, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Hal tersebut bertujuan agar Anda mendapatkan kalung berlian berkualitas yang diinginkan.

Berikut ini beberapa ciri kalung berlian berkualitas yang perlu Anda ketahui ketika akan membelinya.

Tidak Mudah Tergores

Ciri pertama kalung berlian yang berkualitas tinggi yaitu tidak mudah tergores. Perlu Anda ketahui bahwa berlian merupakan batuan yang memiliki sifat sangat keras. Maka dari itu walaupun tergores benda, maka berlian akan tetap utuh.

Untuk membuktikan kalung berlian yang dimiliki asli atau palsu Anda dapat mencoba menggoreskan berlian ke lantai. Jika berlian meninggalkan bekas seperti serpihan, maka dapat dimungkinkan bahwa berlian tersebut berkualitas rendah.

Namun Anda perlu perhatikan mengenai pengujian ini. Sebisa mungkin tidak terlalu keras dan sering menggosokkan berlian ke lantai karena hal tersebut akan menyebabkan kalung berlian memiliki bentuk yang tidak sempurna lagi.

Dapat Tenggelam

Ciri lain yang membedakan kalung berlian asli atau tidak yaitu berlian asli dapat tenggelam. Hal tersebut karena berlian asli memiliki tingkat kerapatan tinggi sehingga berlian akan tenggelam di dalam air.

Anda dapat mencoba mengecek apakah kalung berlian yang Anda miliki asli atau tidak yaitu dengan menaruh berlian di dalam air. Jika berlian tersebut tenggelam maka dipastikan berlian yang Anda miliki asli. Namun ketika berlian tidak tenggelam, dimungkingkan berlian yang Anda miliki palsu atau kualitasnya rendah.

Kalung Berlian Berbeda
Kalung Berlian Berbeda

Tidak Tembus Pandang

Bagi Anda yang ingin membuktikan kualitas berlian yang dimiliki, Anda dapat memperhatikan apakah berlian yang Anda miliki tembus pandang atau tidak. Perlu Anda ketahui bahwa berlian asli akan membiaskan atau membelokkan cahaya yang diterima.

Maka dari itu Anda tidak akan melihat berlian yang dapat tembus pandang. Bahkan ketika Anda meletakkan berlian di atas benda, maka Anda tidak dapat melihat benda tersebut melalui berlian.

Memiliki Sertifikat

Salah satu ciri kalung berlian kualitas tinggi yang sangat mudah Anda lihat yaitu berlian berkualitas memiliki sertifikat. Sertifikat tersebutlah yang menandakan bahwa kalung berlian yang Anda miliki asli dan berkualitas.

Namun hal tersebut tidak selalu menentukan bahwa kalung berlian yang tidak bersertifikat adalah palsu. Sertifikat berlian hanya akan Anda dapatkan di beberapa toko perhiasan saja yang pada umumnya menjual kalung berlian langka dan premium.

Tahan Panas

Ciri kalung berlian berbeda yang asli dan berkualitas yang perlu Anda ketahui yaitu tahan panas. Hal tersebut terjadi karena berlian asli mampu menyebarkan panas dengan cepat. Bagi Anda yang ingin membuktikan kualitas berlian, Anda dapat mencoba meletakkannya di atas api dalam beberapa saat. Cek apakah berlian tersebut menghasilkan panas atau tidak.

Pantulan Cahaya Warna Abu-abu

Bagi Anda yang ingin mengetes kualitas berlian, Anda dapat memantulkan cahaya melalui berlian. Lalu perhatikan warna cahaya yang dihasilkan berlian tersebut.

Jika warna cahaya yang dihasilkan berwarna abu-abu maka dapat dipastikan bahwa kalung berlian Anda asli dan berkualitas. Namun jika warna cahaya yang dipantulkan berwarna pelangi, dapat dimungkinkan kalung berlian Anda palsu atau tidak berkualitas tinggi.

Nah, itulah beberapa ciri dari kalung berlian berbeda kualitas yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda akan lebih mudah memilih kalung berlian yang sesuai. Untuk mendapatkan kalung berlian berkualitas, pastikan Anda membelinya di The Palace Jeweler.

By Bisnis