Kredit OnlineKredit Online

Ada aspek penting yang harus Anda pahami terkait kredit online, yakni legalitas. Tidak jarang Anda mendengar orang yang terjerat pinjaman online ilegal bermasalah. Agar tidak terjebak di pusara masalah yang sama, Anda harus mengenali ciri-ciri pinjaman online ilegal pada penjelasan berikut ini.

5 Ciri Kredit Online IlegalĀ 

Mudahnya verifikasi dari kredit online menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih layanan ini. Namun, bahaya mengintai pinjaman online ilegal siap mengintai jika Anda tidak paham. Berikut ini beberapa ciri pemberi layanan pinjaman online ilegal yang harus Anda waspadai:

Tidak terdaftar di OJK

Ciri utama yang bisa Anda kenali dari pinjaman online ilegal adalah tidak terdaftar di OJK. OJK sebagai otoritas yang bertanggung jawab untuk semua kegiatan finansial. Anda patut waspada jika layanan pinjaman online yang Anda pilih tidak ada dalam daftar OJK. Tak jarang pemberi layanan memajang logo OJK padahal belum terdaftar. Langkah aman yang bisa Anda lakukan adalah memastikannya dengan melihat daftar OJK secara langsung.

Proses pengajuan kredit yang terlalu mudah

Ciri kedua yang patut Anda waspadai dari pinjaman online ilegal adalah proses peninjauan pinjaman yang terlalu mudah. Layanan pinjaman online ilegal terkadang tidak memiliki persyaratan pinjaman online pada umumnya karena tidak terdaftar di OJK. Tujuannya yaitu memancing orang yang tidak paham agar tertarik.

Kredit Online
Kredit Online

Ketidakjelasan identitas perusahaan

Perusahaan pinjaman online ilegal sebagian besar tidak memiliki identitas perusahaan yang jelas. Tidak adanya alamat lengkap dan nama penanggung jawab menjadi ciri selanjutnya. Hal tersebut bertujuan agar orang yang komplain tidak bisa melaporkannya ke pihak berwajib.

Promosi melalui pesan singkat

Layanan pinjaman online ilegal melakukan promosi secara tersembunyi. Salah satunya mereka mengirimkan penawaran melalui pesan singkat. Jika pinjaman online ilegal dengan mudah menghubungi Anda melalui SMS, maka tanpa disadari akan sangat berbahaya.

Tidak ada layanan pelanggan

Ciri terakhir yang harus Anda waspadai dari perusahaan pinjaman online ilegal adalah tidak menyediakan layanan pelanggan. Selalu waspada terhadap perusahaan kredit online ilegal akan membantu Anda agar tidak terjerat. Memilih Kreditplus yang diawasi OJK jauh lebih menguntungkan.