liontin berlian terjangkauliontin berlian terjangkau

Berbagai jenis perhiasan berlian tak terkecuali liontin menjadi barang mewah yang sangat diidamkan banyak wanita dari dulu hingga sekarang. Namun meskipun merupakan barang mewah, untuk mendapatkannya tak melulu harus menguras isi dompet, kok! Pasalnya, kini banyak hadir liontin berlian terjangkau yang ditawarkan oleh para penjual atau toko perhiasan.

Mungkin setiap wanita yang mendapatkan penawaran liontin berlian dengan harga yang lebih terjangkau akan sangat antusias termasuk juga Anda, bukan? Akan tetapi saat mendapatkan penawaran tersebut, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan terutama soal keaslian dari berliannya itu sendiri.

Nah untuk menguji keaslian dari berlian yang ada pada berlian, Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti berikut ini.

  • Mengujinya dengan tes embun

Cara mudah untuk memastikan keaslian berlian pada liontin yang pertama adalah dengan melakukan tes embun. Adapun beberapa langkah untuk menguji tes embun adalah dengan mendekatkan berlian pada mulut, kemudian hembusan nafas ke seluruh permukaan berlian. 

Jika liontin berlian tersebut asli, maka setelah diberikan hembusan nafas batu tersebut tidak akan meninggalkan embun. Bahkan dalam waktu yang cepat sekalipun. Hal demikian tentu akan berbeda jika tes embun ini diaplikasikan pada material kaca.

liontin berlian terjangkau
liontin berlian terjangkau
  • Memperhatikannya menggunakan kaca pembesar

Kaca pembesar yang digunakan untuk menguji keaslian berlian bukanlah kaca pembesar biasa melainkan alat khusus yang dirancang untuk membuktikan keaslian berlian. Perlu Anda ketahui,berlian yang asli memiliki inklusi atau cacat yang didapatkan secara alami. Jika berlian pada liontin yang Anda pilih terlihat sangat mulus saat sudah di-cek dengan kaca pembesar, maka keasliannya patut dipertanyakan. 

Akan tetapi berlian asli yang baik yaitu memiliki inklusi atau cacat yang stabil. Dalam artian, inklusinya tidak terlalu banyak retakan ataupun tidak juga terlalu mulus.

  • Menguji dengan menggoreskan

Berlian sendiri merupakan salah satu jenis batuan yang tak hanya indah namun juga terkuat di muka bumi. Nah oleh karena itu, untuk menguji keaslian berlian Anda bisa juga mengecek kekuatan yang dimilikinya. Cara ini bisa dilakukan dengan menggosokkannya pada permukaan kaca. 

Jika sudah dilakukan uji tersebut meninggalkan gores, maka bisa jadi berlian tersebut memiliki kualitas yang sangat rendah bahkan kemungkinan besar palsu. Berlian asli dan berkualitas tidak akan mudah meninggalkan bekas goresan.

  • Mengujinya menggunakan kertas atau koran

Cara ini juga merupakan yang paling mudah dan sederhana. Anda hanya memerlukan kertas atau koran saja. Langkah yang bisa dilakukan adalah, pertama tempatkan berlian tersebut di atas kertas atau koran yang berisikan tulisan, lalu cobalah Anda membacanya. 

Jika Anda bisa membaca tulisan tersebut dengan jelas, maka Anda harus berhati-hati dengan berlian tersebut karena besar kemungkinan palsu. Pasalnya, berlian asli akan membelokkan cahayanya sedemikian tajamnya hingga Anda tidak mungkin bisa melihat membaca tulisannya dengan jelas.

  • Perhatikan reaktivitas berlian

Berlian memiliki kemampuan dalam membelokkan atau membiaskan cahaya yang melaluinya, itulah yang bisa membuat penampilannya sangat terang.  Hal tersebut sangat sulit diubah bagaimana pun caranya, bahkan dengan para ahli sekali pun. pasalnya ini merupakan sifat tetap dari berlian itu sendiri. 

Cara mengujinya, Anda bisa memberikan sinar (bisa menggunakan flash handphone) pada berlian tersebut. Kemudian perhatikan reaktifitas cahaya pada berlian dengan teliti. Berlian yang asli akan membelokan atau membiaskan sinar tersebut. Sebaliknya, material lain seperti kaca atau kuarsa kilauannya tidak seterang itu karena memiliki indeks kebiasan yang lebih rendah.

Itulah dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguji keaslian berlian pada liontin dengan mudah dan sederhana. Nah, jika Anda menginginkan liontin berlian terjangkau namun dengan keaslian dan kualitas yang terjamin, Anda bisa membelinya hanya di The Palace Jeweler yang merupakan salah satu toko perhiasan profesional terbaik, terlengkap dan terpercaya di Indonesia.

By Bisnis