Ban

Tidak bisa dipungkiri, ban merupakan komponen penting pada sebuah kendaraan yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Pasalnya, bagian tersebut berkontak langsung dengan permukaan jalan atau medan. Mengingat akan hal tersebut, komponen ini harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. 

Lalu apakah fungsi utama dari ban itu sendiri? Berikut beberapa diantaranya:

  • Menopang seluruh beban kendaraan

Baik kendaraan sedang mengangkut beban ataupun dalam keadaan kosong, banlah yang menerima seluruh gaya berat dari kendaraan dan beban yang diangkut sekaligus menerima gaya normal dari permukaan yang dipijak. 

Hal tersebutlah yang membuat pentingnya selalu menjaga kondisi serta tekanan angin yang ada di dalamnya agar tetap optimal.

  • Menjaga kestabilan kemudi

Selain menahan berat, komponen ini juga menjadi penerus arah steering agar kendaraan dapat berbelok dan bermanuver sesuai dengan arah yang diinginkan. 

Selain itu, kestabilan dalam mengemudi juga salah satunya ditentukan oleh komponen ini. Baik kemudi dimaksudkan untuk tetap lurus, berbelok atau saat berada di medan yang tidak rata, banlah yang memiliki peranan penting akan kestabilan kemudinya.

  • Meredam getaran kendaraan

Ketika kendaraan sedang melintas di jalur atau medan yang tidak rata, maka sudah pasti kendaraan akan mengalami guncangan atau getaran yang dapat mengurangi kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang. Nah selain suspensi, banlah yang juga berperan untuk meredam getaran atau guncangan tersebut. 

Pasalnya banlah yang menjadi komponen pertama yang berkontak langsung dengan jalanan sehingga menjadi penentu apakah getaran akan diteruskan ke seluruh bodi kendaraan atau direndam.

  • Meneruskan tenaga mesin

Ada 2 istilah yang kerap digunakan untuk menggambarkan tenaga mesin kendaraan, diantaranya yaitu torsi dan horse power. Torsi merupakan aspek yang berhubungan dengan akselerasi, sedangkan horse power adalah aspek yang berhubungan dengan kecepatan kendaraan. 

Namun perlu diketahui, keduanya akan dapat terealisasi atas bantuan dari komponen yang bernama ban! Dan alasannya sama, yakni karena banlah yang menjadi finisher untuk meneruskan tenaga mesin ke jalanan. 

 

Mengingat pentingnya ban untuk sebuah kendaraan, pastikan Anda memilih yang terbaik salah satunya ban dari Dunlop. Semoga informasi diatas bermanfaat!