Mengenal Bunga Deposito yang Disebut Time Deposit

0

Deposito merupakan salah satu produk tabungan yang sangat menguntungkan, terutama bagi Anda yang tidak memiliki usaha atau pekerjaan tambahan. Tidak hanya menyimpan uang dengan aman di bank, produk bank ini juga menguntungkan karena memberikan bunga yang tinggi. Bunga deposito yang tinggi inilah yang nanti akan memberikan Anda keuntungan meskipun tidak memiliki pekerjaan sampingan.

Ada beberapa karakteristik deposito yang perlu Anda pahami seperti memiliki nominal minimal penempatan, tidak boleh diambil dalam jangka waktu tertentu, dan lain sebagainya. Namun meskipun begitu, deposito bisa menjadi investasi yang rendah risiko dan cukup menguntungkan. Anda juga bisa mengambil bunga sebagai keuntungan kapan saja, tergantung kebijakan bank.

Bunga deposito
Bunga deposito

Jenis deposito yang paling banyak diterapkan di Indonesia adalah time deposit atau deposito berjangka. Dalam jenis deposito ini, ada tiga bentuk berbeda dengan kebijakan dan sistematis berbeda. Berikut ini adalah jenis bunga deposito yang disebut time deposit:

  • Sertifikat Deposito Berjangka

Sertifikat deposito berjangka merupakan bukti bahwa perorangan atau perusahaan telah mendepositokan sejumlah dana pada sebuah bank. Sertifikat ini memiliki landasan hukum yang sah sehingga bisa dijadikan jaminan. Salah satu kelebihan dari jenis bunga ini adalah bisa diperjualbelikan atau dipindahtangankan pada pihak lainnya. 

Pada umumnya, sertifikat ini bisa diperjualbelikan dalam jangka waktu antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Bunga nantinya bisa dibayarkan di awal serta dipotong dari nominal yang ada ketika sertifikat deposito dibeli. Besar bunganya bisa berbeda-beda pada setiap bank, tergantung kebijakan dan kemampuan bank yang Anda pilih.

  • Deposito Tabungan dan Buku Kas

Jenis kedua yang perlu Anda ketahui adalah deposito tabungan dan buku kas (pas book). Dibandingkan jenis lainnya, deposito ini lebih dikenal karena memiliki simpanan rekening yang lebih bervariasi. Pada jenis ini, tidak ada tanggal jatuh tempo yang ditetapkan oleh nasabah dan disepakati oleh bank. 

Dana yang disetorkan sebagai deposito akan ditambahkan kemudian bisa ditarik di waktu tertentu. Namun Anda yang memilih deposito jenis ini harus rela mendapatkan bunga yang lebih rendah dibandingkan jenis lainnya.

  • Deposito Berjangka dan Rekening Terbuka

Maksud dari terbuka pada jenis tabungan ini adalah pemilik deposito atau deposan dapat mengembangkan jumlah barang dari deposito miliknya sesuai keinginan dan tidak ada tuntutan dari pihak bank. Jadi bank tidak akan menentukan besar pengembangan yang dilakukan oleh nasabah. Namun meskipun begitu nasabah tetap harus menyesuaikan pengembangan dengan prinsip deposito dimana dana tidak bisa ditarik sebelum jatuh tempo. 

Pada umumnya ada dua jenis deposito terbuka yaitu Deposit Automatic Roll Over dan Deposit on Call. Deposit Automatic Roll Over yang akan diperpanjang secara otomatis apabila uang tidak diambil dalam waktu jatuh tempo. Sedangkan Deposit on Call yaitu simpanan akan tetap berada di bank hingga ada pemberitahuan dari nasabah atau deposan.

  • Nikmati Bunga Tinggi di Bank Sinarmas

Sebagai salah satu bank ternama di Indonesia, Bank Sinarmas menghadirkan produk deposito online dengan bunga yang kompetitif. Tingkat suku bunga yang dihadirkan yaitu hingga sebesar 5,75% p.a. Tidak seperti produk deposito pada umumnya yang mengharuskan Anda melakukan penempatan dalam jumlah besar, produk ini bisa dimulai hanya dengan Rp 500 ribu saja.

Anda bisa melakukan penempatan dalam berbagai mata uang, mulai dari IDR, AUD, USD, CNY, serta JPY dengan besar bunga yang beragam. Jenis penempatan yang disediakan juga beragam yaitu Non Automatic Roll Over, ARO Pokok, maupun ARO PI. Untuk mengetahui informasi seputar produk deposito online dari Bank Sinarmas beserta dengan besar bunga deposito yang diberikan, Anda bisa mengunjungi website www.banksinarmas.com. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.