Elegan dan Berkelas! Ciri-ciri Desain Ruang Tamu Bergaya Vintage

0

Sebagai ruangan yang berada paling depan, ruang tamu selalu menjadi tempat yang paling diperhatikan. Bukan hanya oleh para pemilik rumah tetapi juga para tamu. Tidak heran bahwa para pemilik rumah mulai berlomba-lomba untuk menciptakan desain ruang tamu yang cantik. Salah satu konsep yang paling disukai adalah vintage. Desain ruang tamu bergaya vintage mulai digemari karena bentuknya yang elegan dan berkelas.

Sebelum membahas lebih jauh tentang desain ruang tamu dengan konsep vintage, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana saja ciri-ciri dari ruang tamu vintage? Jika belum mengetahuinya, ulasan singkat dalam artikel ini bisa jadi ide Anda.

Bagaimana Ciri-ciri Ruang Tamu Vintage?

Ruang tamu vintage memiliki beberapa ciri khusus yang bisa Anda lihat dari konsep maupun perabotan yang digunakan. Bagi Anda yang baru ingin berkenalan dengan desain ini, beberapa ciri ini merupakan hal-hal yang bisa Anda lihat:

1. Menggunakan Perabotan Jadul

Ciri pertama yang pasti terdapat pada ruang tamu vintage adalah perabotannya yang merupakan perabotan zaman dulu. 

Kesan desainnya yang memang menerapkan konsep jaman dulu memang populer dengan hal-hal kuno. Biasanya ada dua jenis furniture yang akan digunakan, yang modern tetapi lusuh atau furnitur pada zaman dahulu dan terkesan kuno.

Furniture yang dimaksud contohnya berbahan kayu dengan bentuk kaki yang tidak tegak lurus. Salah satunya adalah kursi goyang yang disukai para orang tua.

2. Menggunakan Warna Pastel

Konsep modern memang menggunakan beberapa warna pastel, tetapi berbeda dengan bagaimana vintage memainkan warna-warna tersebut. Beberapa warna yang sering digunakan pada desain vintage antara lain oranye, pink, biru, telur asin, merah, dan kuning. 

Warna-warna itu biasanya akan dipadukan, baik dalam bentuk motif di dinding atau berbagai benda lainnya. Perpaduan dengan berbagai motif seperti lukisan, bantal sofa, maupun perabotan lainnya yang terlihat menarik.

3. Sofa Berdesain Kuno

Selain menggunakan perabotan dari bahan kayu, desain vintage juga memanfaatkan sofa dengan model jadul. Biasanya sofa yang dipilih berwarna cokelat atau warna lainnya, tetapi menggunakan desain zaman dulu.

4. Pencahayaan Ruangan

Hal yang tak kalah penting dari ciri-ciri desain ruang tamu vintage adalah pencahayaan yang diterapkan. Biasanya, ruangan vintage selalu identik dengan pencahayaan berwarna kuning redup. Lampu yang sering digunakan adalah lampu yang dilengkapi dengan kap berdesain vintage.

5. Ruangan Dengan Dinding Bata

Desain Ruang Tamu Bergaya Vintage

Desain berikutnya yang menjadi ciri khas dari ruang tamu vintage adalah konsep dindingnya. Biasanya menggunakan dinding berupa bata yang tidak diwarna. Ini menunjukkan kesan zaman dulu yang benar-benar kental. 

Perabotan yang digunakan untuk melengkapinya juga tak kalah kuno, misalnya sofa zaman dulu serta meja kayu dengan model kaki yang tidak lurus. Pencahayaan juga lebih redup, dan akan menjadi semakin unik jika ditambahkan tirai besar untuk menutup jendela.

6. Menggunakan Vas Bercorak

Vas yang memiliki corak atau motif tertentu juga identik dengan desain ruang tamu vintage. Motifnya akan disesuaikan dengan beberapa hal terkait alam, mulai dari dedaunan, bunga, burung, dan lain-lain.

Ada sejumlah karakteristik ruang tamu dengan konsep vintage yang bisa Anda terapkan. Masing-masing konsep memiliki keunggulan dengan dilengkapi furniture yang tepat.

Beberapa ciri di atas merupakan 6 konsep umum yang sering dijumpai pada desain ruang tamu bergaya vintage.

Leave A Reply

Your email address will not be published.