Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak dan Penyebabnya

0

Sakit perut yang dialami oleh si kecil terkadang sering membuat orangtua gelisah. Apakah bunda pernah atau sedang mengalaminya? Jangan khawatir, ternyata ada cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa bunda coba sendiri.

Namun bunda juga harus mengetahui bahwa sakit perut pada anak ada dua jenis. Pertama jenis sakit perut ringan dan kedua jenis sakit perut yang tergolong berat. Adapun penyebab-penyebab dan cara mengatasinya, kami akan coba jelaskan di sini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Ringan

Pertama-tama mari kita bahas terlebih dahulu cara mengatasi sakit perut ringan dan penyebabnya pada anak-anak. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi yang telah kami rangkum berikut.

1.      Masalah Pencernaan Pada Anak-Anak

Sakit perut pertama yang sering dialami oleh anak-anak adalah adanya permasalahan dalam sistem pencernaan. Anak yang memiliki pencernaan kurang baik, maka akan mudah terserang sakit perut.

Untuk mengatasinya, bunda bisa mencukupi kebutuhan makanan berserat. Karena pada umumnya, masalah pencernaan diakibatkan oleh kekurangan serat dalam makanan.

cara mengatasi sakit perut pada anak

2.      Terkena Infeksi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan si kecil sakit perut. Sakit tenggorokan juga biasanya disertai dengan demam. Untuk mengatasinya, maka bunda harus mengatasi radang tenggorokan si kecil terlebih dahulu.

3.      Stres Atau Terjadi Kecemasan

Seperti pada orang dewasa, stres dapat menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya sakit perut. Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi pada anak juga dapat memicu sakit perut yang disertai dengan mual, diare, hingga muntah.

Ciri-ciri sakit perut akibat cemas adalah si kecil sering menggosok perut mereka. Untuk mengatasinya, bunda harus pandai-pandai mengajak bermain dan meredakan kecemasan si kecil.

4.      Alergi Terhadap Susu

Perlu bunda ketahui, susu juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan si kecil sakit perut. Maka dari itu, pintar-pintarlah saat memilih jenis susu yang cocok untuk anak-anak. Alergi terhadap susu juga bisa mengakibatkan muntah, ruam, diare, hingga kram.

Untuk mencegah dan mengatasinya, pilihlah susu yang cocok untuk anak-anak. Pilih susu yang tidak menyebabkan sakit perut dan diare.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Berat

Sebelum kami jelaskan lebih jauh, bunda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa jenis sakit perut ini hanya bisa dan boleh ditangani oleh dokter. Jenis sakit perut berat biasanya terjadi akibat adanya penyakit yang tergolong serius.

Ciri-ciri jenis sakit perut berat yaitu sakit yang dirasakan oleh si kecil tidak membaik dalam kurun waktu 24 jam. Bahkan justru semakin memburuk jika dibiarkan lebih dari 24 jam. Jika terjadi hal seperti itu, maka langkah yang ideal adalah segera mengunjungi dokter.

Adapun penyebab-penyebab sakit perut berat ini tergolong beragam. Berikut telah kami rangkum beberapa di antaranya:

  • Keracunan timbal
  • Kanker
  • Tumor
  • Batu empedu
  • Hernia
  • Infeksi saluran kemih
  • Usus buntu
  • Adanya penyumbatan aliran makanan yang ada di dalam usus
  • Dan lain-lain

Pastikan bunda langsung membawa si kecil ke dokter jika sakit tidak berhenti selama 24 jam. Konsultasikan dengan dokter agar bisa diatasi secepatnya.

Kesimpulan

Sakit perut pada anak terbagi ke dalam jenis sakit perut ringan dan berat. Masing-masing jenis sakit perut berbeda-beda cara mengatasi dan penanganannya. Penangannya hanya bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Jika timbul masalah yang lebih serius, segera hubungi dokter.

Dari penjelasan cara mengatasi sakit perut pada anak dan juga penyebabnya di atas, sedikit banyaknya kini bunda bisa mengetahui tips yang tepat dan cocok untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.