Manfaat Teknologi Nuklir Dalam Bidang Pangan

Bagi sebagian orang, teknologi nuklir memiliki image yang sangat menyeramkan dan membayakan bagi kehidupan manusia. Apakah benar seperti itu ? ya, apapun jika dipergunakan secara tidak baik dan tidak proporsional, maka akan bisa membahayakan manusia, namun jika hal tersebut digunakan secara baik serta proporsional, maka yang ada hanya akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi manusia.

Begitu pun dengan teknologi nuklir, jika bisa dikelola dengan baik, maka akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi berbagai bidang kehidupan manusia seperti bidang pertanian, kesehatan, industry dan lain – lain. Pada kesempatan ini, kita akan bahas tentang manfaat teknologi nuklir dalam bidang pangan. Agar anda bisa sedikit merubah persepsi tentang keberadaan teknologi nuklir yang selama ini anda duga bahwa teknologi nuklir tersebut merupakan sebuah teknologi yang sangat menyeramkan.

Ada beberapa manfaat teknologi nuklir dalam kehidupan manusia terutama dalam bidang pangan. Adapun manfaat – manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pemuliaan Tanaman. Beberapa jenis varietas tanaman pangan seperti padi, kedelai dan sorgum telah dihasilkan dari radiasi. Beberapa diantaranya telah terbukti memberikan produktifitas yang tinggi, berumur pendek, tahan terhadap hama serta beberapa kelebihan lainnya.
  2. Pengendalian Hama. Radiasi dengan dosis yang tinggi dapat meyebabkan rusaknya sistem reproduksi suatu organisme. Kondisi ini dapat menyebabkan kemandulan. Efek ini dapat dimanfaatkan untuk pengendalian hama tanaman dengan memanfaatkan hama/serangga jantan yang telah dimandulkan. Teknologi ini sering disebut dengan teknik serangga mandul
  3. Pengolahan dan Pengawetan Makanan. Teknik nuklir menawarkan manfaat dalam pengawetan makanan dengan menggunakan sifat sifat radiasi nuklir.  Efek radiasi dapat dimanfaatkan untuk mematikan bakteri bakteri pembusuk yang ada di dalam bahan makanan sehingga dapat memperpanjang masa simpan.

Demikianlah beberapa manfaat adanya teknologi nuklir dalam bidang pangan. Dengan adanya penjelasan ini, mudah – mudahan anda bisa merubah segala persepsi menyeramkan tentang teknologi nuklir tersebut. Teknologi nuklir telah terbukti memiliki manfaat yang besar di berbagai bidang. Lingkup dan skala pemanfaatannya pun terus menunjukkan peningkatan dari masa ke masa.