saluran pencernaansaluran pencernaan

Gaya hidup dan pilihan makanan anak dapat mempengaruhi cara tubuh dalam mencerna makanan yang Anda konsumsi. Minum air putih, menambah serat, dan berolahraga semuanya berkontribusi pada kesehatan saluran pencernaan yang lebih baik. Selain membuat pilihan makanan yang baik, makan dengan teratur, tetap terhidrasi, dan berolahraga cukup banyak serta menambahkan Dancow dalam menu sehari-hari anak Anda juga faktor dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Saluran pencernaan akan memecah makanan yang si kecil makan ke dalam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika Anda mengabaikan kesehatan pencernaan anak, mungkin perkembangannya akan terganggu. Sebab, tubuhnya bisa mengalami masalah dalam menyerap nutrisi tersebut. Kesehatan pencernaan Anda terkena dampak langsung dari makanan dan pola hidup yang anak Anda jalani.

saluran pencernaan
saluran pencernaan

Untuk menjaga kesehatan si kecil, sebaiknya lakukan beberapa hal rekomendasi kami berikut ini!

1. Makan makanan berserat tinggi

Mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan kaya akan biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan dapat memperbaiki kesehatan saluran pencernaan anak. Diet serat membantu menjaga makanan tetap mengalir baik melalui saluran pencernaan Anda. Namun ingat, serat yang dibutuhkan oleh anak Anda tidak sebanyak orang dewasa. Perhatikan seberapa banyak makannya dan buatlah mereka mengkonsumsi serat dengan presentase yang tepat.

2. Batasi makanan yang tinggi lemak

Secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, membuat tubuh anak lebih rentan terhadap konstipasi. Tapi karena penting untuk mendapatkan beberapa lemak dalam makanan, para ahli mengatakan bahwa mengkombinasikan makanan berlemak dengan makanan berserat tinggi dapat mempermudah kinerja sistem pencernaan Anda.

3. Memasukkan probiotik ke dalam makanan anak Anda

Probiotik adalah bakteri sehat dan terdapat di saluran pencernaan Anda. Bakteri baik ini membantu menjaga kesehatan tubuh dengan memerangi bakteri jahat dan stres yang buruk. Selain itu, probiotik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, dapat membantu memecah laktosa, memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil. Bakteri baik ini juga terkandung dalam Dancow, jadi sangatlah tepat menambahkannya dalam menu harian anak Anda.

4. Makan sesuai jadwal

Selalu ingatkan anak Anda untuk makan tepat waktu. Pagi, siang, sore di jam yang sama setiap harinya. Ahli gizi mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan dan makanan ringan tepat waktu dapat membantu menjaga saluran pencernaan Anda dalam kondisi prima.