cemilan tradisional indonesiacemilan tradisional indonesia

Beragam cemilan tradisional indonesia semakin banyak kita temukan hampir di seluruh kota di Indonesia. Resepnya semakin menyebar sangat cepat, sehingga Anda pun dapat menikmatinya sesuai selera. Ada salah satu cemilan tradisional nusantara yang tidak kalah enaknya yaitu cemilan khas Palembang.

Kota Palembang sangat identik dengan kulinernya yang lezat, selain pempek yang populer di tengah-tengah masyarakat kita, ternyata masih banyak lagi resep makanan lainnya yang wajib Anda coba di rumah. Sedikitnya ada 4 cemilan tradisional indonesia yang berasal dari Palembang, mungkin juga Anda belum pernah mencobanya. Penasaran? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Lempok durian

Kota palembang terkenal sebagai penghasil buah durian berkualitas tinggi. di kota itulah ada satu makanan yang terbuat dari buah durian dengan rasanya yang manis dan legit serta berasa banget duriannya. Cemilan tersebut adalah lempok durian. Lempok durian ini diproses dengan cara dibakar dan lumayan lama juga.  Tapi rasa dan aromanya sangat menggugah selera lho!

2. Dodol agar

Pernahkah Anda mencobanya? Dodol bukan saja menjadi ikon kuliner ciri khas kota Garut saja, tetapi di Palembang juga menjadi salah satu cemilan favorit yang sering menjadi oleh-oleh khas Palembang.

Perbedaannya terletak pada bahan, dodol agar asal kota Palembang ini terbuat dari campuran agar-agar dan santan, sehingga teksturnya padat tetapi tidak terlalu kenyal juga. Dengan bahan-bahan yang dicampurkan, seperti agar-agar, santan, gula pasir dan susu, semakin membuat cita rasa dodol agar ini sangat manis dan legit.

3. Srikaya ketan

Bahan utama kue ini adalah buah srikaya dan tidak menggunakan tepung. Campuran buah srikaya, telur dan gula pasir, kemudian dikukus hingga matang dan disajikan diatas ketan bersamaan dengan daun pandan. Alhasil, rasanya sangat lezat dan aromanya sangat menggugah selera.

4. Gulo puan

Satu lagi nih, ada cemilan khas Palembang yang lumayan unik. Dibuat dari gula pasir dan susu kerbau serta dicampurkan dengan bahan-bahan pelengkap lainnya, kue gulo puan ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat.

Demikian cemilan tradisional indonesia yang wajib Anda coba di rumah. Masih banyak lagi cemilan khas Palembang lainnya, Anda bisa lihat resepnya di internet ya! Yang pasti, setiap cemilan apapun yang Anda buat pastikan untuk menggunakan gula pasir yang aman dari bahan pengawet. Pilihlah gula pasir GULAKU guys!