Mengenalkan Permainan Olahraga Tradisional Pada Si Kecil

0

Gadget saat ini telah menginvasi kehidupan anak – anak. Meskipun dampaknya terbilang positif, namun ada juga beberapa diantaranya yang memiliki dampak negatif untuk si kecil. Sebagai orang tua, mengenalkan permainan olahraga tradisional dibandingkan dengan permainan digital jauh lebih baik karena memiliki beragam manfaat untuk si kecil.

Gadget kini telah dikenal dan digunakan oleh banyak orang dari orang dewasa hingga anak – anak. Tidak hanya digunakan untuk mengakses informasi dan komunikasi saja, kini gadget sering juga digunakan untuk permainan si kecil. Invasi permainan digital kian gencar dan kebanyakan tertarget pada si kecil. Meski beberapa diantaranya permainan digital tersebut bermanfaat untuk si kecil, namun jika dibandingkan dengan permainan olahraga  tradisional jenis permainan tersebut tidak lebih unggul dari permainan – permainan khas nusantara yang melibatkan fisik dan kerjasama tim yang solid antara si kecil dan teman – temannya.

Permainan Olahraga Tradisional
Permainan Olahraga Tradisional

Permainan olahraga tradisional tidak hanya sekedar permainan biasa, beberapa diantaranya memerlukan ketangkasan dan juga kecerdasan. Maka dari itu, setiap orang tua memiliki peranan yang penting untuk mengenalkan si kecil pada berbagai permainan – permainan khas nusantara. Ada banyak sekali permainan yang bisa Anda ajarkan pada mereka, salah satu diantaranya adalah gobak sodor yang menjadi salah satu jenis permainan yang telah diakui sebagai salah satu jenis permainan olahraga tradisional di Indonesia. Hal ini dikarenakan permainan ini melibatkan fisik dan memerlukan kecerdasan pada setiap anak.

Selain gobak sodor, masih ada banyak sekali jenis permainan lainnya yang bisa dimainkan dan disarankan untuk anak – anak selain permainan digital. Beberapa diantaranya seperti permainan loncat tali, gatrik dan berbagai macam permainan – permainan lain yang bisa Anda arahkan untuk si kecil. Selain bagus untuk kesehatan dan kecerdasan, si kecil pun akan memiliki banyak teman – teman bermain yang baru sehingga mereka mampu belajar untuk bersosialisasi dengan lingkungan dan memiliki banyak teman yang menjadi feedback positif bagi si kecil.

Permainan tradisional juga beberapa diantaranya mampu untuk mengembangkan kecerdasan emosi pada anak, contohnya pada jenis permainan layang layang yang membutuhkan ketelitian dari mulai proses pembuatan hingga menerbangkannya. Selain itu, permainan ini mampu mengembangkan daya kreatifitas si kecil. Masih banyak sekali manfaat permainan tersebut untuk si kecil. Jadi alangkah lebih baiknya Anda merekomendasikan permainan – permainan tersebut pada si kecil agar mereka bisa merasakan manfaatnya baik untuk kesehatan dan beberapa hal lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.