Tips Penting Memilih KPR Rumah

0

Saat ini memiliki rumah sendiri semakin mudah. Anda yang belum mempunyai dana tunai pun bisa mendapatkan hunian idaman dengan sistem KPR rumah. Kehadiran fasilitas kredit tersebut seolah menjadi angin segar, terutama untuk kalangan menengah.

Tatkala memutuskan hendak membeli hunian dengan KPR rumah, terdapat hal-hal penting yang harus Anda perhatikan. Bukan hanya mencari tahu informasi detail tentang pengembang, persyaratan KPR, hingga menandatangani kontrak jual-beli, namun cermati pula beberapa poin di bawah ini.

1. Ketahui Besaran Limit Pinjaman

Sewaktu hendak memutuskan membeli hunian dengan sistem kredit, Anda harus mengetahui terlebih dahulu besar limit pinjaman masing-masing bank. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait dana yang perlu disiapkan, sehingga Anda dapat menentukan bank yang tepat.

Related image


2. Perhatikan Suku Bunga

Sebagian orang akan tergoda ketika melihat suku bunga yang rendah dari fasilitas KPR suatu bank. Hati-hati, ya! Jangan mudah tergiur dengan nominal suku bunga yang tampak kecil. Penting bagi Anda untuk memastikan terlebih dahulu sistem perhitungan suku bunga, tak lupa cermati simulasi tabel cicilan. Pelajari suku bunga yang dipakai bank tersebut. Pastikan pula apakah suku bunganya tetap atau mengambang.

3. Jangka Waktu Proses Pengajuan

Lamanya proses pengajuan KPR tiap-tiap bank berbeda. Umumnya jangka waktu berkisar antara dua minggu hingga sebulan. Sebelum memutuskan hendak menggunakan fasilitas KPR dari bank tertentu, alangkah baiknya mengetahui berapa lama proses pengajuan kredit. Disarankan memilih bank dengan proses singkat dan cepat.

4. Ketahui Biaya Administrasi KPR

Saat pengajuan, penting untuk mengetahui biaya administrasi KPR terlebih dahulu. Biaya ini meliputi, administrasi bank, biaya provisi, biaya balik nama, biaya pengecekan sertifikat, biaya pengikatan jaminan, sampai dengan asuransi, serta kerugian kredit.

5. Masa Pinjaman KPR

Masa pinjaman KPR mayoritas bank berkisar antara 10-15 tahun. Namun, ada pula yang jangka waktu pinjamannya sampai 20 tahun. Memperpanjang masa tenor kredit, mampu mengurangi biaya cicilan yang  harus Anda bayarkan per bulannya.

Demikian adalah beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan ketika hendak memilih fasilitas KPR rumah. Lakukan survei dan ketahui secara detail berbagai hal terkait bank penyedia KPR serta langkah-langkah tepat dalam melakukan kredit perumahan. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.