Kenali 6 Cara Membersihkan Akuarium dengan Mudah!

0

sumber : google.com

Akuarium adalah benda untuk memelihara ikan hias jenis apa pun. Bentuk akuarium mempunyai berbagai macam-macam model, mulai dari kotak mini dan kotak besar. Begitu juga bahan materialnya, mulai dari plastik akrilik serta kaca.

Sebagian besar pengoleksi ikan hias memanfaatkan akuarium untuk aquascape. Di dalam akuarium terdapat tanaman yang indah, sehingga akuarium yang terawat akan berdampak baik pada ekosistem yang didalamnya. Tapi apabila akuarium jarang di rawat justru akan menimbulkan berbagai macam bakteri seperti, parasite dan alga yang bisa mengganggu kesehatan makhluk hidup di dalam akuarium ini.

Untuk yang mempunyai akuarium besar jangan memandang sepele, tapi kita juga harus merawatnya secara rutin agar airnya tetap jernih dan tetap terjaga. Jika tidak dirawat airnya menjadi keruh dan bisa menyebabkan semua makhluk hidup di dalamnya akan mati atau rusak. Berikut ini cara merawat dan membersihkan aquarium dengan mudah.

  • Mengatur pola makan ikan

Sumber: hobinatang.com

Salah satu penyebab air akuarium cepat kotor adalah sisa dari makanan ikan. Hal ini bisa terjadi karena kamu kurang memahami jangka waktu yang tepat untuk memberi makan ikan. Tidak hanya waktu, jumlah takaran makannya juga harus dibatasi agar makanan bisa cepat habis dan tidak mengotori akuarium. Cara untuk mengetahui takarannya dengan cara memberikan sedikit dahulu lalu biarkan kemakan habis dan berikan secara terus menerus.

  • Menggunakan filter air

Sumber: hobinatang.com

Filter adalah salah satu benda yang dianjurkan untuk dimiliki. Alat ini berguna untuk menyaring kotoran serta bisa menjernihkan air yang keruh. Ia akan bekerja secara otomatis menyedot semua sisa-sisa makanan dan kotoran. Kamu harus hidupkan alat ini selama 24 jam karena ikan aktif di setiap waktu.

  • Mencuci spon filter air

Sumber: hobinatang.com

Spon terletak di dalam filter air yang berfungsi sebagai penyaring kotoran agar tidak kembali lagi ke air. Semakin lama filter menyaring kotoran maka semakin banyak kotoran yang disaring. Seandainya kotoran tersebut sudah sangat banyak dan menumpuk maka akan membuat kamu kesulitan saat mencucinya. Jadi, kamu harus rutin untuk membersihkan spon ini. Nah, untuk proses pembersihan spon, kamu harus menggunakan spon lain didalam filternya. Maka kami sarankan kamu harus punya cadangan spon.

  • Mengganti air

Sumber: hobinatang.com

Meski kamu sudah menggunakan filter bukan berarti kamu tidak akan mengganti air akuarium. Karena filter tidak sepenuhnya membuat akuarium bebas dari kotoran. Jadi tetap saja kamu harus menggantinya secara rutin. Dalam mengganti air, kamu harus menyiapkan air di dalam ember terlebih dahulu dan diendapkan selama 1 malam. Air harus diendapkan semalaman agar kotoran tidak memperkeruh airnya. Kenapa harus di endapkan? Karena tidak semua ikan dapat beradaptasi secara cepat dengan air baru. Jika dipaksakan akan membuat ikan stress yang mengakibatkan kematian.

  • Memelihara Alga Eater

Sumber: hobinatang.com

Menjaga aquarium agar tetap bersih, kamu juga bisa menggunakan algae eater. Algae eater berguna untuk pembersihan akuarium secara alami. Ikan ini akan memakan hama atau alaga yang dihasilkan sisa makanan ikan. Jadi kamu anggap saja benda ini sebagai vakum cleaner buat akuarium.

Sumber: hobinatang.com

Alat pembersih akuarium seperti gambar diatas berguna untuk menjaga air akuarium tidak berlumut, sehingga air akan tetap jernih. Benda ini sudah banyak dijual di toko ikan hias. Bentuknya ada yang dari magnet sehingga mudah bagi kamu untuk membersihkan kaca aquarium dari luar. Saat kita menggeser magnetnya, otomatis benda  yang menempel ke magnet juga akan bergerak sehingga kotoran terseret.

Demikianlah 6 cara membersihkan aquarium agar air di dalamnya tetap jernih. Dari semua pembahasan di atas kamu harus benar sabar, telaten, rutin dan modal juga agar akuarium kamu tetap bersih serta sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.