Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium Selama Kehamilan

0

Selama proses kehamilan, tubuh akan melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan gizi janin, termasuk mengambil kalsium dari tulang atau gigi anda sendiri. Inilah pentingnya kalsium, dimana tak hanya janin saja yang membutuhkan, namun ibu juga harus mendapatkan kalsium yang cukup.

Info mengenai asupan kalsium bisa didapatkan di prenagen.com. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan kalsium adalah dengan mengkonsumsi Prenagen Mommy. Selain kalsium, susu ibu hamil Prenagen Mommy memiliki beragam nutrisi lainnya yang penting untuk tumbuh kembang si kecil. Kandungan gizi ini terdiri dari makro (Terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) yang saling berkaitan.

Prenagen.com
Prenagen.com

Manfaat Kalsium Selama Kehamilan 

Setiap orang membutuhkan mineral esensial setiap harinya untuk membantu pembentukan gigi dan tulang. Kalsium juga membantu pergerakan saraf dan otot menjadi lebih baik plus membantu saraf untuk mengirim pesan ke otak.

Kebutuhan Kalsium Selama Kehamilan

Tubuh tidak dapat menghasilkan kalsium sendiri, sehingga anda perlu mendapatkannya melalui makanan atau suplemen kehamilan. Saat hamil, cobalah mengkonsumsi setidaknya 1000 mg setiap harinya. Jika anda berusia 18 tahun atau dibawah itu, maka kebutuhan anda akan jauh lebih banyak, yakni sampai 1.300 mg.

Makanan Tinggi Kalsium

Sumber kalsium terbaik bisa didapatkan melalui susu,keju, dan yoghurt. Sayuran berwarna hijau gelap juga bisa memiliki kandungan kalsium, hanya saja jumlahnya bisa lebih kecil.

Ada banyak makanan kaya kalsium yang bisa Anda pilih.

415 Mg: Yogurt Tanpa Rasa Rendah Lemak

375 Mg: Jus Jeruk Yang Diperkaya Kalsium

325 Mg: Sarden Kalengan Dengan Tulang Dalam Minyak

307 Mg: Keju Cheddar

299 Mg: Susu Non Fat

253 Mg: Tahu

181 Mg: Salmon

100 Hingga 1.000 Mg: Sereal, 1 Cangkir 

80 Hingga 500 Mg: Minuman Kedelai

74 Mg: Bok Choy

Untuk memenuhi kebutuhan 1000 mg, anda bisa mengkonsumsi 3 cangkir susu atau jus jeruk dengan sereal yang lengkap dan memiliki 1000 mg kalsium. 

Apakah Ibu Hamil Perlu Mengkonsumsi Suplemen Kalsium?

Jika anda memiliki alergi terhadap susu dan beresiko kekurangan kalsium, mungkin dokter akan memberikan suplemen kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. Pemberian suplemen dilakukan jika ibu tidak mendapatkan cukup kalsium dari makanan.

Pilih jenis kalsium yang sesuai untuk Anda. Suplemen kalsium dibuat dalam dua bentuk: karbonat dan sitrat. Kalsium karbonat lebih murah dan paling baik jika dikonsumsi bersama makanan. Kalsium sitrat juga dikonsumsi bersama makanan atau saat perut kosong.

Selain saat hamil, fase menyusui juga merupakan fase yang perlu mendapatkan perhatian,karena di fase inilah ibu juga memerlukan banyak sekali kalsium. Ibu yang menyusui bahkan bisa kehilangan 3-5% kalsium melalui ASI yang keluar. 

Mengkonsumsi kalsium memang dianjurkan, namun harus tetap dalam jumlah yang tepat, karena kalsium yang berlebihan juga bisa memberikan efek samping pada tubuh. Sebaiknya anda berkomunikasi dengan dokter anda.

Menyusui juga membutuhkan lebih banyak kalsium. Anda perlu melanjutkan suplemen kalsium saat sedang menyusui. Penelitian menunjukkan Anda mungkin kehilangan 3% hingga 5% dari massa tulang Anda ketika Anda menyusui karena Anda kehilangan sebagian kalsium Anda melalui ASI.

Jika Anda berhati-hati untuk mengonsumsi makanan dengan kalsium dan mengkonsumsi suplemen seperti yang disarankan, Anda harus mendapatkan kembali massa tulang dalam waktu 6 bulan setelah Anda berhenti menyusui.

Suplemen kalsium yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan perut kembung dan sembelit. Konsultasikan ke dokter anda untuk mendapatkan dosis yang tepat. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.