menu sahur lucumenu sahur lucu

Memperkenalkan anak dengan menjalankan ibadah puasa sedini mungkin menjadi tindakan yang sangat bagus. Hal ini akan mengajarkan anak bagaimana dirinya menahan rasa lapar dan haus selama berpuasa. Ternyata tidak mudah dalam mengajarkan rasa semangat untuk berpuasa pada anak-anak. Anda bisa mengetahui bagaimana trik yang bisa dilakukan.

Lakukan Cara Ini Agar Anak Tidak Dehidrasi Selama Berpuasa

Mempersiapkan menu sahur lucu dan sehat memang menjadi tantangan bagi orang tua. Untuk itu Anda harus mengetahui referensi menu sahur yang paling banyak digemari oleh anak-anak. Semakin unik dan menarik tampilannya, maka akan menjadikan anak semangat dalam menjalankan sahur meskipun harus terbangun di tengah malam.

menu sahur lucu
menu sahur lucu

Berikut ini menu sahur lucu dan sehat supaya anak tidak mudah dehidrasi selama puasa:

1. Penuhi Kebutuhan Karbohidrat Kompleks

Dalam menu sahur, asupan akan karbohidrat memang sangatlah dibutuhkan dan dijadikan sebagai sumber energi. Untuk karbohidrat tidak hanya berupa nasi putih saja. Akan tetapi Anda bisa menggantikannya dengan nasi merah, oatmeal, roti gandum, sereal ataupun yang lainnya. Beberapa menu tersebut juga serat yang cukup baik sehingga dapat mengatur pelepasan energi dengan perlahan.

2. Asupan Protein 

Selama berpuasa, asupan protein tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja, karena untuk anak-anak pun tentunya juga sangat membutuhkannya. Asupan protein ini berperan sebagai cadangan energi. Sehingga saat berpuasa asupan protein yang terpenuhi maka tidak akan mudah cepat lapar.

3. Perbanyak Buah dan Sayur 

Menu selanjutnya yang harus dipenuhi para ibu cerdas untuk mempersiapkan menu sahur lucu dan sehat untuk si kecil yaitu dengan memperbanyak buah dan sayur. Menu sahur dapat dikatakan sehat apabila mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang sesuai kebutuhan tubuh sayuran dan buah mempunyai kandungan berupa serat yang dapat mengenyangkan. Sehingga wajib dikonsumsi selama berpuasa.

4. Kalsium

Orangtua tentunya menyadari bahwa kalsium menjadi zat gizi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan tulang sekaligus mendukung kinerja otot. Untuk memperoleh kalsium secara sempurna, maka Anda dapat memberikan susu kepada si kecil. Agar Anda tidak bingung jenis susu apa yang tepat untuk si kecil maka Anda dapat menggunakan produk Dancow Fortigro.

Menu sahur lucu dan sehat mempunyai peran yang penting untuk dijadikan sebagai bekal agar dapat menjalankan puasa secara optimal yaitu kurang lebihnya selama 14 jam. Oleh karena itu asupan makanan ketika menjalankan sahur haruslah terpenuhi dengan sempurna. Dengan hal ini maka tubuh si kecil akan terasa fit dan segar sampai waktu berbuka nanti.

By Bisnis