seserahan pernikahan

Untuk anda yang tinggal di pulau Jawa, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tradisi. Entah dalam perayaan atau hajatan tertentu, pasti terdapat beberapa tradisi yang perlu anda lakukan. Hal tersebut tidak terlepas dari kepercayaan orang Jawa terhadap budaya luhur yang turun temurun sudah dilestarikan. Oleh sebab itu, anda juga perlu mengetahui apa saja model seserahan pernikahan yang pastinya akan sangat berguna bagi anda yang akan menikah. 

Oleh sebab itu, berikut ini akan kami jelaskan bagaimana dan apa saja seserahan yang perlu anda ketahui atau anda siapkan ketika akan mengunjungi mempelai perempuan, yaitu:

seserahan pernikahan
seserahan pernikahan
  • Pertama, anda sangat perlu mengetahui bahwa dalam seserahan, seperangkat alat ibadah (bagi muslim) akan sangat dibutuhkan dan perlu diberikan. Hal ini sebagai tanda bahwa pria mampu menjadi calon imam yang baik untuk keluarganya kelak.  
  • Kedua, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah mahar. Dalam sebuah pernikahan, apalagi di prosesi seserahan, pasti ada mahar yang diberikan. Nah, mahar ini bisa dikemas sebaik mungkin untuk sekaligus dijadikan satu dengan seserahan lho. 
  • Ketiga, kemudian yang pasti ada dalam seserahan adalah satu set perhiasan. Perhiasan ini dapat dijadikan salah satu seserahan wajib dalam pernikahan. Ini adalah bukti kesanggupan mempelai pria dalam memenuhi kebutuhan perempuannya. 

Jenis seserahan pernikahan 

Setelah mengetahui model seserahan, anda juga perlu mengerti apa saja jenis seserahan pernikahan yang perlu anda siapkan. Karena pernikahan dianggap sebagai suatu hal yang sakral, jadi persiapan yang dibutuhkan juga harus matang. Untuk membantu mempermudah anda dalam mempersiapkan kebutuhan anda, di sini akan kami jelaskan beberapa jenis seserahan yang wajib anda siapkan. 

Seserahan memang hanya sebagian kecil dari pernikahan, namun persiapan yang dibutuhkan tidak menggunakan biaya yang sedikit lho. Berikut ini hal-hal atau barang yang perlu anda siapkan untuk kebutuhan seserahan dalam pernikahan, yaitu:

  • Pertama, untuk umat muslim, pasti ada seperangkat alat sholat sekaligus Al-Qur’an. Sedangkan untuk umat kristen, Al-Kitab juga bisa dijadikan salah satu opsi dalam kategori seserahan ini. 
  • Kedua, yang tidak kalah penting dan perlu disiapkan adalah seperangkat perhiasan. Perhiasan ini dijadikan simbol kebaikan rumah tangga yang kelak akan dibina oleh mempelai pria. 
  • Ketiga, sepatu, tas, dan seperangkat baju lengkap juga harus dipersiapkan untuk kebutuhan seserahan. Sebagai tanda terpenuhinya sandang, pangan, dan papan untuk rumah tangganya kelak. 

Seserahan Pernikahan Wajib untuk Adat Jawa

Setelah mengetahui beberapa seserahan di atas, khusus untuk anda yang menggunakan model pernikahan adat Jawa, anda juga perlu mengetahui apa saja seserahan pernikahan yang wajib ada dalam adat Jawa. Berikut ini jenisnya, yaitu:

  • Pertama, kebutuhan perempuan mulai dari tas, sepatu, baju, perhiasan, make-up, skincare, alat ibadah, dan lain sejenisnya. 
  • Kedua, jajanan pasar yang menandakan kebersamaan kedua mempelai mulai hidup sampai akhir hayat.
  • Ketiga, kain batik dan stagen yang memberikan isyarat bahwa kedua mempelai dapat saling menjaga rahasia satu sama lain dan untuk stagen sendiri berarti bahwa mempelai laki-laki memiliki tekad yang kuat dalam melakukan pernikahan. 
  • Keempat, terdapat buah-buahan yang memberikan simbol kesejahteraan dan doa pengharapan yang baik untuk bahtera rumah tangganya kelak. 

Itulah beberapa seserahan yang wajib ada dalam adat Jawa, jadi untuk anda yang menggunakan pernikahan sesuai adat Jawa, anda bisa mempersiapkan beberapa barang di atas. 

By Bisnis