Pada usia 0-6 bulan bayi membutuhkan ASI eksklusif. Saat itu si kecil belum bisa makan kecuali ASI dari moms. Usia 6-12 bulan, si kecil sudah bisa diperkenalkan dengan makanan lain selain ASI atau biasa disebut MPASI. Ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam pemberian MPASI untuk si kecil, salah satunya yaitu tahapan tekstur mpasi yang moms berikan. Tahapan pertama saat usia 6-12 bulan, MPASI yang moms berikan harus memiliki tekstur yang halus, sebab di usia tersebut si kecil belum memiliki kemampuan untuk mengunyah makanan. Kemudian pada usia 1 tahun keatas, moms dapat memberikan MPASI yang memiliki tekstur lebih padat. Di usia satu tahun kemampuan mengunyah si kecil mulai berkembang. Si kecil juga sudah menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi. 

Bahan Terbaik Untuk MPASI Sehat

Perhatikan bahan makanan yang moms gunakan sebagai MPASI. MPASI harus berasal dari bahan-bahan yang terbaik dan bergizi. Setelah memastikan bahan MPASI merupakan bahan terbaik, moms juga harus menjaga kebersihan dari bahan-bahan tersebut saat diolah menjadi MPASI. Perhatikan juga tahapan tekstur mpasi untuk mengolahnya. Pastikan cuci tangan terlebih dahulu dan cuci seluruh bahan yang akan diolah. Jangan sampai bahan makanan tersebut masih mengandung bakteri yang akan menyebabkan si kecil menjadi sakit. Sebab daya tahan tubuh si kecil masih belum terbentuk dengan kuat.

Nutrisi Wajib untuk MPASI Si Kecil

MPASI merupakan makanan penting untuk mendukung pertumbuhan si kecil selain ASI. Di usia 6 bulan lebih, pemberian asi eksklusif saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil. Ada dua macam nutrisi yang wajib terpenuhi untuk si kecil, yaitu nutrisi mikro dan nutrisi makro. Nutrisi makro meliputi karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral. Kedua jenis nutrisi tersebut harus ada dalam MPASI si kecil. Kedua nutrisi tersebut harus tersaji dalam tahapan tekstur mpasi yang tepat agar si kecil dapat mencernanya dengan baik. Cerelac dapat memberikan kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan untuk kebutuhan nutrisi si kecil.